UPAYA PERBAIKAN KUALITAS KLAIM RAWAT INAP BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT TNI AU SOEMITRO SURABAYA

Hassannah, Adila (2024) UPAYA PERBAIKAN KUALITAS KLAIM RAWAT INAP BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT TNI AU SOEMITRO SURABAYA. Diploma thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (154kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (31kB)

Abstract

Implementasi pembayaran prospektif merupakan salah satu inisiatif yang diamanatkan kepada BPJS Kesehatan untuk dilaksanakan oleh semua pihak yang terlibat. Dari segi administrasi atau persyaratan medis, pembayaran yang dilakukan melalui pengelompokan kode diagnosa sedangkan persyaratan non medis untuk mendukung diterimanya sebuah klaim yaitu terkait verifikasi yang digunakan oleh sistem rumah sakit. Rumah Sakit TNI AU Soemitro Surabaya untuk kasus pending rawat inap ada 8 kasus berikut diantaranya terdapat 4 kasus akibat faktor non medis dan 4 kasus faktor non medis. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kuantitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Penyebab non medis terjadinya pending klaim rawat inap periode triwulan akhir tahun 2023 terdapat 4 faktor diantaranya terjadinya readmisi, kesalahan pengetikan SEP, ketidaksesuaian tanggal billing, dan kesalahan input diagnosa masuk dan 4 faktor medis diantaranya kesalahan dalam pengkodean diagnosa, ketidaksesuaian diagnosa dengan hasil penunjang, pengisian asesmen oleh DPJP tidak lengkap, pengisian resume medis tidak lengkap. Upaya perbaikan kualitas klaim sudah dilakukan oleh pihak rumah sakit yaitu melakukan konfirmasi kepada unit pelayanan terkait berkas pending klaim dan selalu melakukan komunikasi antar unit supaya tidak terjadi kesalahan yang sama sehingga dapat mengurangi jumlah pending klaim pada bulan berikutnya. Kata Kunci : pending klaim, upaya perbaikan, faktor medis, faktor non medis

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pending klaim, upaya perbaikan, faktor medis, faktor non medis
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor > 651.504 261 Rekam Medik
Divisions: Program Studi > D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:04
Last Modified: 08 Oct 2024 03:04
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item