Mega, Fabhella Eria Tiara (2023) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLI INTERNA RS WIYUNG SEJAHTERA SURABAYA TAHUN 2023. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (656kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (351kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (306kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (304kB) |
Abstract
Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang masih banyak dijumpai dalam praktik pelayanan kesehatan khususnya pada pelayanan rawat jalan. Waktu tunggu pasien merupakan hal penting yang menyebabkan adanya rasa ketidakpuasan, pasien merasa tidak puas apabila waktu tunggu tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan yaitu ≤ 60 menit. Kenyataan menunjukan masih ditemukan pasien yang mengeluh tidak puas karena waktu tunggu yang lama di RS Wiyung Sejahtera Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien poli interna di RS Wiyung Sejahtera Surabaya tahun 2023, dengan hal ini didapatkan hasil tingkat kepuasan secara keseluruhan pasien merasa puas (63.25%), dan waktu tunggu pelayanan rawat jalan pada Poli Interna RSWS didapatkan hasil saat observasi rata – rata waktu tunggu adalah 3 Jam 10 Menit. Jenis penelitian ini adalah kuatitatif dengan pendekatan cros sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 1.287 responden dengan jumlah sampel 80 responden, menggunakan teknik Random Sampling. Data dianalisis menggunakan uji Kruskal Wallish. Hasil analisa diketahui nilai Asymp.Sig adalah sebesar 0,004 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada perbedaan yang nyata (signifikan) antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien. kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang bermakna antara lama waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien. Disarankan kepada pihak rumah sakit untuk kedepannya lebih meningkatkan pelayanan lebih baik lagi, menambah kursi di ruang tunggu pasien, ruang tunggu selalu bersih agar pasien untuk meningkatkan kenyamanan pasien selama menunggu pemeriksaan dokter serta lebih nyaman dan diharapkan pemeriksaan dilakukan dengan tepat waktu sehingga pasien tidak lama menunggu sehingga angka kepuasan meningkat untuk tahun yang akan datang, serta menyediakan kotak saran agar pasien dapat menyampaikan keluhan dan saran untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada RS Wiyung Sejahtera Surabaya. Kata Kunci : Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Non-BPJS Mandiri in Health Pending |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Nazilatur Rohmah |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 08:03 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 08:03 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/607 |
Actions (login required)
View Item |