ANALISIS PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS RAWAT INAP PERIODE MARET 2021 - MARET 2022 DI RUMAH SAKIT JIWA MENUR PROVINSI JAWA TIMUR

Qonitatillah, Ana Mar'ah (2022) ANALISIS PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS RAWAT INAP PERIODE MARET 2021 - MARET 2022 DI RUMAH SAKIT JIWA MENUR PROVINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (141kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (21kB)

Abstract

Data klaim JKN di Rumah sakit Jiwa Menur Surabaya menunjukan bahwa dalam melakukan pengajuan klaim pada bulan Maret 2021 sampai Maret tahun 2022 diketahui terdapat kasus klaim yang pending pada pelayanan rawat inap. Berkas yang pending sebanyak 130 dari 1.093 berkas klaim yang di ajukan.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penyebab yang mempengaruhi pada tetundanya pending klaim Jaminan Kesehatan Nasional dengan Faktor Man, Material, Method, dan Machine. Sumber data yang diambil berasal dari jumlah klaim yang pending di periode bulan maret 2021 – maret 2022 di Rumah Sakit Jiwa Menur Provinsi Jawa Timur. Sampel yang di gunakan dari penelitian ini adalah Petugas Rekam Medis yang di Rumah Sakit tersebut yang berjumlah 6 (Enam) orang. Teknik pengambilan sampling yang di gunakan penelitian ini adalah random sampling. Metode penelitian ini menggunakan data sekunder dan data primer dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan faktor yang mempengaruhi klaim tertunda dari 2 (Dua) Aspek yaitu : Aspek Administrasi disebabkan ketidaktelitan petugas dalam proses pengentrian data kelas Rumah Sakit dan kelas rawat pasien. Aspek Medis yang di sebabkan ketidaklengkapan resume medis seperti tidak melampirkan hasil bukti penunjang, adapun juga ketidaksesuaian pengkodean yang di ajukan Rumah Sakit dengan yang disetujui oleh Verifikator BPJS. Kesimpulan yang diteliti disebabkan ketidaktelitiannya petugas terhadap proses pengentrian data, ketidaklengkapan resume medis, tidak terdapat SOP pengklaim BPJS. Kata Kunci : BPJS, Klaim,kelengkapan Berkas Rekam Medis,Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BPJS, Klaim,kelengkapan Berkas Rekam Medis,Rumah Sakit
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor > 651.504 261 Rekam Medik
Divisions: Program Studi > D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:36
Last Modified: 08 Mar 2023 03:36
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item