PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT JALAN RUMAH SAKIT PUSAT TNI ANGKATAN LAUT dr. RAMELAN SURABAYA

Azizah, Dwi Nur (2022) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT JALAN RUMAH SAKIT PUSAT TNI ANGKATAN LAUT dr. RAMELAN SURABAYA. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (95kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (15kB)

Abstract

Tingginya harapan masyarakat akan pelayanan kesehatan di rumah sakit yang bermutu menuntut agar tenaga medis memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi. Peran dokter sebagai penyedia layanan kesehatan dapat meningkatkan kepuasan pasien secara langsung di rumah sakit. Komunikasi efektif yang terjadi antara dokter dan pasien adalah komunikasi yang terciptanya rasa nyaman pasien dengan pengobatan yang diberikan dokter, faktor perilaku dokter terhadap pasien, kemampuan dokter untuk mendapatkan dan menghormati perhatian pasien, tersedianya informasi yang tepat dan timbulnya empati serta membangun kepercayaan pasien merupakan kunci yang menentukan dalam kenyamanan yang baik dengan terapi medis pada pasien dalam pelayanan kesehatan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh komunikasi interpersonal dokter terhadap kepuasan pasien di RSPAL dr. Ramelan. Jenis penelitin ini adalah penelitian kuantitaif dengan desain penelitian menggunakan studi deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di RSPAL dr. Ramelan pada bulan Agustus 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang ada di poliklinik bedah, orthopedy, THT dan kandungan sebanyak 60 pasien. Data di analisis menggunakan metode multinominal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima prinsip komunikasi interpersonal ditemukan bahwa hanya prinsip keterbukaan yang mempengaruhi kepuasan pasien. Disarankan kepada pihak RSPAL dr. Ramelan untuk lebih memperhatikan mutu pelayanan dari segi komunikasi baik antara dokter dengan pasien maupun tenaga kesehatan lainnya, dan kepada dokter yang bertugas lebih meningkatkan prinsip keterbukaan saat menjalin komunikasi dengan pasien. Kata kunci : komunikasi interpersonal, kepuasan, dokter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, kepuasan, dokter.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:26
Last Modified: 28 Feb 2023 04:26
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item