ANALISIS FUNGSI MANAJEMEN DALAM UPAYA PENANGANAN PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA

Maulida, Erlia Safa (2022) ANALISIS FUNGSI MANAJEMEN DALAM UPAYA PENANGANAN PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (42kB)

Abstract

Pelaksanaan klaim yang tepat terhadap keberlangsungan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit pada era JKN sangatlah penting. Berdasarkan data yang diperoleh penyebab utama masalah yang muncul pada proses pengajuan berkas klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap pada bulan Oktober, November, dan Desember Tahun 2021 yaitu banyaknya formulir persyaratan berkas klaim yang tidak lengkap. Klaim pending terjadi apabila berkas pengajuan klaim yang diajukan oleh Rumah Sakit belum lengkap. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan analisis deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis fungsi manajemen POAC (planning, organizing, actuating, controlling) dalam upaya penanganan pending klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap. Penelitian ini dilakukan di unit rekam medis, instalasi rawat inap & unit casemix. Menggunakan teknik purposive sampling pada 18 petugas sesuai dengan kriteria sampel. Hasil penelitian ini dalam proses klaim pending berdasarkan aspek planning, organizing, actuating telah berjalan dengan baik namun, masih adanya kendala. Berdasarkan konsep pareto 80/20 faktor yang menjadi penyebab yaitu kurangnya jumlah sumber daya manusia, sistem pemberian reward kepada karyawan belum terlaksana dengan baik, komputer sering trouble / bermasalah sehingga dalam pengoperasian aplikasi pelayanan menjadi terhambat. Adanya kendala dalam pelaksanaan pengembalian berkas rekam medis sehingga pengembalian melebihi batas kurun waktu 2x24 jam. Adanya perbedaan persepsi pegawai serta kurangnya pelatihan dan pengembangan tenaga kerja yang diberikan kepada petugas. Sebaiknya rumah sakit melakukan analisa kembali beban kerja terkait jumlah sumber daya manusia, mengadakan Benchmarking antar rumah sakit yang setingkat untuk saling sharing dalam menangani pengembalian berkas klaim. Pada aspek controlling telah dilaksanakan secara rutin dengan waktu evaluasi bulanan, semester dan tahunan. Kata kunci : Klaim, Pending Klaim BPJS Kesehatan, Fungsi Manajemen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Klaim, Pending Klaim BPJS Kesehatan, Fungsi Manajemen
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:21
Last Modified: 17 Feb 2023 09:21
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item