HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLI JANTUNG PADA UNIT RAWAT JALAN RSPAL Dr. RAMELAN SURABAYA

Natalia, Anita Dewi (2022) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLI JANTUNG PADA UNIT RAWAT JALAN RSPAL Dr. RAMELAN SURABAYA. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (112kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (31kB)

Abstract

Kesehatan merupakan aspek penting bagi seluruh lapisan masyarakat. Rumah sakit sebagai salah satu layanan publik dibidang kesehatan, dituntut untuk tetap menjaga dan meningkatkan pelayanannya dengan baik dan terstandar, maka untuk itu seluruh pelayan fasilitas kesehatan baik itu, dokter, perawat, tenaga bukan medis, serta tenaga medis itu sendiri, juga dituntut untuk memberikan layanan yang prima serta berkualitas tinggi kepada konsumennya (pasien maupun keluar). Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang masih banyak ditemui dalam kegiatan pelayanan kesehatan, serta merupakan komponen yang berpotensi salah satu penyebab ketidakpuasan pasien maupun pengantar pasien. Menunggu dalam waktu yang lama dan dalam kondisi tidak sehat adalah suatu hal yang tidak nyaman hal ini akan berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien di RSPAL Dr. Ramelan Surabaya. Jenis penelitihan ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik analisis bivariat dengan uji korelasi spearman dengan menggunakan alat analisis software IBM SPSS versi 25 jumlah sampel yang di gunakan sebanyak 83 pasien URJ poli Jantung yang di ambil menggunakan Teknik purposive. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien di RSPAL Dr. Ramelan Surabaya. Namun, hubungan tersebut menunjukan kriteria yang lemah Oleh sebab itu, disarankanke pada pihak rumah sakit agar lebih meningkatkan pelayanan khususnya di poli jantung untuk lebih baik lagi, serta diharapkan pemeriksaan dilakukan dengan tepat waktu sehingga pasien tidak lama menunggu sehingga angka kepuasan meningkat untuk tahun yang akan datang. Kata Kunci : Waktu Tunggu dan Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Waktu Tunggu Kepuasan Pasien
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 17 Feb 2023 08:19
Last Modified: 21 Nov 2023 08:39
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item