HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI IGD RUMAH SAKIT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW)

Maulana, Muchamad Arinda Riski (2021) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI IGD RUMAH SAKIT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (4kB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah kriteria konkret untuk evaluasi perawatan kesehatan dan kualitas pelayanan keperawatan adalah sikap professional perawat yang memberikan perasaan nyaman pada diri setiap pasien salah satu faktor penentu kepusan pasien yiatu kualitas pelayanan keperawatan. Tingkat Kepuasan pasien diruangan IGDR umah Sakit dalam pelayanan kesehatan menggambarkan kualitas pelayanan ditempat pelayanan kesehatan.Tujuan dari studi literature rivew ini,yaitu mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruangan IGD Rumah Sakit. Studi ini menggunakan metode literature review, dan studi literature review ini dilakukan dengan penelusuran artikel melalui database google scholar, portal garuda dan proquest.dan dari data base tersebut. Mendapatkan 10 jurnal untuk di telaah. Berdasarkan hasil identifikasi 10 jurnal yang ada, Jurnal dari Andhika, (2020) menyatakan kualitas pelayanan 43,3% baik dan 43,3% pasien puas. Siti Nurhidayah, (2019) menyatakan kualitas pelayanan 55,7% baik dan 55,7% pasien puas, Lenny Gannika, (2019) menyatakan kualitas pelayanan 59,4% baik dan 73,4% pasien puas. Maimunah,(2015) menyatakan kualitas pelayanan 63,3% baik dan 56,7% pasien puas. Maria Yunita, (2015) menyatakan kualitas pelayanan 49,6% baik dan 46,6% pasien puas. Yosi Maria, (2017) menyatakan kualitas pelayanan 60,2% baik dan 59,2% pasien puas. Renaldi Saputra, (2017) menyatakan kualitas pelayanan 36,5 % baik dan 46,6% pasien puas. Eva Prilelli, (2019) menyatakan kualitas pelayanan 53,8% baik dan 51,6% pasien puas. Endiyono, (2020) menyatakan kualitas pelayanan 43,3% baik dan 51,5% pasien puas, Joko Purwanto, (2014) menyatakan kualitas pelayanan 82,8% baik dan dan 74,7% pasien puas.Adapun kesimpulan dari studi literature riview sebagai berikut, Kualitas pelayanan keperawatan menurut 10 jurnal yang ada yaitu 7 jurnal menyatakan bahwa kulitas pelayanan keperawatan baik dan Kepuasan pasien di IGD rumah sakit menujukan bahwa 7 dari 10 jurnal yang ada menyatakan puas dengan pelayanan keperawatan. Seluruh jurnal yang ada menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di IGD rumah sakit. Saran; untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan, pihak rumah sakit bisa melakukan pelatihan kompetensi kepada perawat.Untuk dapat meningkatkan kepuasan pasien di IGD rumah sakit diharapkan perawat lebih memperhatikan lagi sikap saat melakukan tindakan terhdap pasien. Dikarenakan kualitas pelayanan keperawatan berhubungan dengan kepuasan pasien, maka dari pihak rumah sakit harus berusaha meningkatkan lagi kualitas kinerja dari perawat agar pasien dapat merasa puas dengan cara melakukan sosialisasi dan evlaluasi kepada perawat. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien, IGD Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien, IGD Rumah Sakit
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 26 Dec 2021 13:58
Last Modified: 05 Jan 2022 15:10
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item