FAKTOR PENYEBAB PENDING CLAIM PADA SISTEM VEDIKA DI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT SITI KHODIJAH MUHAMMADIYAH CABANG SEPANJANG SIDOARJO

Yuliawati, Vivi Ervina (2019) FAKTOR PENYEBAB PENDING CLAIM PADA SISTEM VEDIKA DI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT SITI KHODIJAH MUHAMMADIYAH CABANG SEPANJANG SIDOARJO. Diploma thesis, STIKES Yayasan RS. Dr Soetomo.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (12kB)

Abstract

Rumah Sakit Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang Sidoarjo merupakan salah satu dari empat rumah sakit swasta yang menjadi pilot project untuk implementasi aplikasi Vedika di Sidoarjo. Sehubungan dengan peran tersebut maka pengajuan klaim dengan menggunakan Program Vedika BPJS Kesehatan mulai Januari 2018. Setelah survey awal di unit asuransi ini ditemukan masalah penyebabkan gagal purifikasi dan terjadi pending claim, hal ini menimbulkan masalah lain terjadi di setiap bulan antara lain meningkatnya piutang rumah sakit dan beban kerja pegawainya terutama di bagian claim asuransi. Dilihat Dari penelitian sebelumnya di RS Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang Sidoarjo terdapat 330 pending claim pada tahun 2017 dan 457 pada tahun 2018. Jenis penelitian ini yakni deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif dengan studi retrospektif dan menggunakan rancangan penelitian sampling survey dan merupakan rancangan penelitian noneksperimental. Kemudian metode penarikan menggunakan total sampling pada data gagal purifikasi di sistem Vedika. metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terhadap data pada sistem Vedika triwulan satu 2019, wawancara pada petugas pendaftaran dan asuransi juga observasi ketersediaan Alur dan SOP. Hasil penelitian ini dari data gagal purifikasi pada sistem Vedika selama bulan Januari sampai Maret 2019, terdapat data yang mengalami gagal purifikasi sebesar 48% nomor kartu yang tidak sesuai, 50% nomor SEP tidak terdaftar, dan 9% tanggal SEP yang dimasukkan tidak sesuai dari 563 data SEP pasien Rawat Jalan BPJS. sebaiknya bagi Rumah Sakit Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang Sidoarjo perlu melakukan pelatihan, sosialisasi, monitoring, dan evaluasi terkait peraturan-peraturan terbaru tentang regulasi BPJS Kesehatan. Kata Kunci : Pending claim, Vedika, Purifikasi, Rawat Jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pending claim, Vedika, Purifikasi, Rawat Jalan
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor > 651.504 261 Rekam Medik
Divisions: Program Studi > D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 08 Sep 2021 05:07
Last Modified: 03 Apr 2022 15:45
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item