ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN FAKTOR RUMAH SAKIT DAN FAKTOR INDIVIDU DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA TAHUN 2019

Helmawan, Fajar (2019) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN FAKTOR RUMAH SAKIT DAN FAKTOR INDIVIDU DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA TAHUN 2019. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (69kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (9kB)

Abstract

Capaian indikator kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Surabaya Tahun 2016-2018 sebesar 82,93% tidak sesuai standart 90%. Tujuan penelitan ini adalah menganalisis tingkat kepuasan pasien berdasarkan faktor Rumah Sakit dan faktor individu yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien yaitu faktor Rumah Sakit (akses, hal yang menyenangkan, komunikasi, mutu pelayanan, faktor individu (umur, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan). Penelitian ini menggunakan teknik accidental. Populasi pada penelitian ini sebanyak 11.248 pasien dan sampel sebanyak 100 pasien. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan mengukur faktor rumah sakit dan faktor individu. Untuk hasil penelitian ini di dapatkan kepuasan pasien sudah baik untuk keseluruhan faktor kecuali faktor Rumah Sakit (akses, mutu pelayanan). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepuasan pasien dari 5 (lima) faktor hanya ada dua faktor yang mempengaruhi yaitu akses. Hasil identifikasi faktor Akses kepuasan pasien pada Instalasi Rawat Inap berdasarkan faktor Rumah Sakit Islam Surabaya adalah secara keseluruhan pasien sudah merasa puas. Tetapi masih ada responden yang merasa kurang puas terhadap kemudahan dalam membuat janji pelayanan dengan petugas sebesar 13% dan mutu pelayanan, secara keseluruhan pasien merasa puas dengan mutu pelayanan yang diberikan oleh dokter perawat dalam memberikan pelayanan yang ada di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Islam Surabaya. Kata kunci: Kepuasan pasien,Instalasi Rawat Inap, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien,Instalasi Rawat Inap, Rumah Sakit
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:24
Last Modified: 25 Mar 2022 14:33
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item