PREDIKSI KUNJUNGAN PASIEN PADA PELAYANAN IGD, IRJ DAN PELAYANAN PENUNJANG MEDIS TAHUN 2019-2023 DENGAN METODE KUADRAT TERKECIL DI RUMAH SAKIT X

Lestari, Puput Indah (2020) PREDIKSI KUNJUNGAN PASIEN PADA PELAYANAN IGD, IRJ DAN PELAYANAN PENUNJANG MEDIS TAHUN 2019-2023 DENGAN METODE KUADRAT TERKECIL DI RUMAH SAKIT X. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (179kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (282kB)

Abstract

Berdasarkan jumlah kunjungan pasien di Rumah Sakit X pada pelayanan IGD, IRJ dan pelayanan Penunjang Medis tahun 2014-2018 yaitu Jumlah kunjungan dari 3 pelayanan tersebut mengalami penurunan dengan jumlah kunjungan sebesar 59% dan mengalami kenaikan sebesar 41% pada 2014-2018, dari jumlah kunjungan yang mengalami peningkatan ini sangat berpengaruh pada kebutuhan tenaga kesehatan, beban kerja serta sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prediksi jumlah kunjungan pasien pada pelayanan IGD, IRJ dan pelayanan Penunjang Medis tahun 2019-2023. Penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Time Series dengan metode perhitungan Kuadrat Terkecil. Variabel dalam penelitian ini menggunakan variabel terikat (Dependen Variabel) yang dipengaruhi, meliputi jumlah kunjungan dasar, tingkat perkembangan jumlah kunjungan yang diprediksi tahun 2019-2023, unit kerja yang dihitung pada periode dasar (tahun). Dari prediksi kunjungan tahun 2019-2023 diperoleh jumlah kunjungan pasien bahwa pada pelayanan Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Rawat Jalan dan pelayanan Penunjang Medis terdapat kenaikan pada pelayanan jumlah kunjungan yang dialami sebanyak 47% dan mengalami penurunan sebanyak 53% dari 17 instalasi. Dalam menghadapi hal tersebut maka perlu dilakukan evaluasi beban kerja setiap tahunnya untuk mengetahui apakah beban kerja pegawai sudah sesuai apa belum dan dapat menambah jumlah pegawai serta sarana dan prasarana guna dapat memberikan pelayanan secara efektif dan efisien serta dapat selalu menjaga mutu pelayanan kesehatan yang membuat pengunjung tetap merasa puas tehadap pelayanan yang diberikan seperti tetap menjaga keramahan pegawai terhadap pasien dan memberikan pelayanan yang optimal. Kata kunci : Jumlah Kunjungan Pasien, IGD, IRJ, Penunjang Medis dan Prediksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Kunjungan Pasien, IGD, IRJ, Penunjang Medis dan Prediksi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 30 Aug 2021 15:03
Last Modified: 13 Feb 2022 07:04
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item View Item