Virsania, Olivia Excelline (2020) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN JASA DI RUMAH SAKIT (LITERATURE REVIEW). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (95kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (61kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (46kB) |
Abstract
Rumah sakit tidak hanya diselenggarakan oleh pemerintah saja tetapi juga oleh pihak swasta, hal ini menyebabkan persaingan antar rumah sakit sangat ketat dalam menarik minat konsumen untuk mengakses pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit tersebut. Berdasarkan data di salah satu rumah sakit di Indonesia, mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien rawat jalan selama tiga tahun terakhir. Penurunan jumlah kunjungan ini kemungkinan dapat disebabkan oleh kurang optimalnya bauran pemasaran di Rumah Sakit. Menghadapi persaingan, salah satu cara yang bisa dilakukan rumah sakit untuk menarik minat konsumen terhadap produknya adalah dengan melakukan Bauran pemasaran. Bauran pemasaran yang digunakan oleh rumah sakit, dapat dijadikan alat pemasaran yang memudahkan rumah sakit dalam mencapai tujuan pemasaran. Maka dari itu tujuan dari penelitian literarure review ini untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian jasa di rumah sakit dengan pendekatan literature review. Studi literature review ini diperoleh dari penelusuran artikel penelitian ilmiah dari rentang waktu 10 tahun dengan menggunakan Google Scholar, Garuda Riset Dikti, dan Neliti. Terdapat 9 jurnal dan 1 skripsi yang sesuai dengan kriteria inklusi dan sesuai dengan pernyataan penelitian. Dari berbagai jurnal dan skripsi yang di dapatkan menyatakan bahwa terdapat 8 faktor dari teori 7P secara positif memiliki pengaruh terhadap keputusan pemilihan jasa rumah sakit yaitu : (1) Karakteristik konsumen seperti personal : umur, jenis kelamin, ekonomi, pekerjaan, dan Pendidikan dan variabel terkait yang dapat menyebabkan penurunan jumlah kunjungan pasien yaitu (2) Produk dan pelayanan (3) Harga (4) Tempat (5) Promosi (6) Sumber Daya Manusia (7) Bukti fisik (8) Proses. Sedangkan artikel lain menjelaskan bahwa terdapat 2 faktor dari teori 9P secara parsial hanya sebagian dari variabel bauran pemasaran yang mendorong keputusan memilih yaitu : (1) harga dan (2) SDM, Bauran pemasaran yang lain seperti produk, tempat, promosi, lingkungan fisik, proses dan kelompok acuan tidak mendorong keputusan memilih. Bauran Sumber Daya Manusia adalah faktor yang berpengaruh paling tinggi menyebabkan keputusan pemilihan jasa di rumah sakit. Kata Kunci : Bauran Pemasaran Rumah Sakit, Keputusan Pasien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran Rumah Sakit, Keputusan Pasien |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Indri Hartatiek Poerwatiningsih |
Date Deposited: | 22 Aug 2021 12:20 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 12:37 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/81 |
Actions (login required)
View Item |