FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KETIDAKPUASAN PASIEN DI PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN (STUDI LITERATUR)

Kartika, Pinky Eka (2021) FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KETIDAKPUASAN PASIEN DI PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN (STUDI LITERATUR). Diploma thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (60kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB V PENUTUPAN.pdf

Download (17kB)

Abstract

Ditemukan bahwa terlihat pasien lama menunggu untuk mendapatkan pelayanan rawat jalan. Pasien terlihat bosan, gelisah dan kurangnya komunikasi yang baik antara pasien dengan petugas pendaftaran sehingga terjadinya kesalahpahaman yang menimbulkan rasa kurang nyaman. Terjadinya keluhan dari beberapa pasien karena masalah waktu menunggu di pendaftaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor penyebab ketidakpuasan pasien di pelayanan pendaftaran rawat jalan. Metode penelitian ini penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian studi literatur. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa faktor penyebab ketidakpuasan pasien terhadap mutu pelayanan rawat jalan adalah dari unsur Man yaitu kurangnya petugas di pelayanan pendaftaran yang menyebabkan antrian terlalu panjang. Dari faktor machine kurangnya komputer dan belum dilakukannya alat pengeras suaru untuk memanggil nomor atrian. Kesimpulan dari penelitian ini dapat diketahui bahwa yang paling banyak menyebabkan ketidakpuasan pasien yaitu dari faktor Man yaitu tidak ramahnya petugas terhadap pasien sebanyak 7 sumber (70%). Sedangkan dari unsur Machine terdapat fasilitas yang disediakan kurang memadai serta waktu tunggu pelayanan administrasi yang relatif lama serta kurangnya fasilitas pelayanan yang menyebabkan alur pendaftaran yang kurang teratur, dapat diketahui bahwa dari faktor machine yaitu masalah waktu tunggu yang relatif lama sebanyak 4 sumber (40%). Kata Kunci : Ketidakpuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Pendaftaran, Rawat Jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketidakpuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Pendaftaran, Rawat Jalan
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor > 651.504 261 Rekam Medik
Divisions: Program Studi > D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 17 Dec 2024 07:07
Last Modified: 17 Dec 2024 07:07
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item