TINJAUAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN UNIT PENDAFTARAN DI RUMAH SAKIT RANDEGANSARI HUSADA GRESIK

Mahendra, Bagus Dirio Putra (2024) TINJAUAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN UNIT PENDAFTARAN DI RUMAH SAKIT RANDEGANSARI HUSADA GRESIK. Diploma thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (426kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (85kB)

Abstract

Kepuasan pasien sama dengan hasil dari penilaian dalam bentuk respon emosional mulai dari perasaan senang maupun puas yang didapatkan oleh pasien karena terpenuhinya harapan atau keinginan dalam menggunakan maupun menerima pelayanan. Dampak dari kepuasan pasien yang rendah terhadap pelayanan di pendaftaran rawat jalan yaitu dapat menyebabkan menurunnya kunjungan pasien di rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan di rumah sakit Randegansari Husada Gresik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang diukur pada 5 dimensi mutu pelayanan. Dari penelitian ini diketahui bahwa persentase kepuasan untuk dimensi Tangibles (tampilan fisik) 92%, Reliability (reliabilitas) 100%, Responsiveness (ketanggapan) 73%, Assurance (jaminan) 100% dan Empathy (empati) 75%. Dengan demikian diketahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan di rumah sakit Randegansari Husada Gresik sebesar 88% dan yang menyatakan tidak puas sebesar 12%. Berdasarkan hasil ini tingkat kepuasan yang diperoleh masih belum mencapai standar pelayanan minimal rumah sakit yang telah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2016 yaitu minimal sebesar 95% Kata kunci: Kepuasan pasien, pendaftaran rawat jalan, 5 dimensi mutu pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, pendaftaran rawat jalan, 5 dimensi mutu pelayanan
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor > 651.504 261 Rekam Medik
Divisions: Program Studi > D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:23
Last Modified: 07 Oct 2024 04:23
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item