Ramadhani, Mar'ahtus (2024) ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM PASIEN RAWAT JALAN BPJS KESEHATAN RUMAH SAKIT X JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (691kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (257kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (142kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (53kB) |
Abstract
Pengajuan berkas klaim pasien rawat jalan di Rumah Sakit X Jawa Timur tahun 2023 masih mengalami keterlambatan, dengan rata-rata keterlambatan selama 10 hari. Keterlambatan pengajuan klaim pasien rawat jalan BPJS kesehatan mengakibatkan penumpukan berkas klaim, yang berdampak pada keterlambatan pengajuan klaim terus terjadi di setiap bulannya. Tujuan umum dari penelitian ini adalah menganalisis penyebab keterlambatan pengajuan klaim pasien rawat jalan BPJS kesehatan Rumah Sakit X Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46.247 berkas klaim dan 5 orang pegawai penjaminan kesehatan. Sampel penelitian ini 100 berkas. Data diperoleh dari wawancara, pengamatan, studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penyebab keterlambatan dari aspek man jumlah pegawai unit penjaminan masih mengalami kekurangan sebanyak 3 orang, belum diberikan pelatihan secara merata kepada pegawai unit penjaminan dalam 1 tahun terakhir. Aspek method belum ada SOP yang berkaitan dengan process pengajuan klaim pasien rawat jalan BPJS kesehatan secara keseluruhan. Aspek material masih ada sebanyak 43% berkas klaim belum lengkap. Aspek process adanya ketidaksesuaian pada process pengambilan berkas klaim oleh pegawai penjaminan, terjadi keterlambatan berkas pada alur sebelum sampai ke penjaminan, pada process Entry E-klaim INA-CBGs pernah terjadi kesalahan dalam pengkodean, jaringan internet, Sulit mencari diagnosa dan tindakan yang disingkat, listrik padam, terkadang diagnosa dan tindakan tidak tertulis di lembar pelayanan, kirim file txt melalui aplikasi diva terkadang saat kirim online ke aplikasi diva process olah data txt gagal terkirim, process pengolahan data txt melalui aplikasi diva memerlukan waktu yang lama, ketidaksesuaian jumlah pasien dari txt dengan output dari aplikasi diva. Kata Kunci: Keterlambatan klaim
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterlambatan klaim |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Nazilatur Rohmah |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 07:22 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 07:22 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/743 |
Actions (login required)
View Item |