ANALISIS SEGMENT PASAR PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN NON JIWA RUMAH SAKIT MENUR PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2024

Syahputri, Yasmine Alisha Tari (2024) ANALISIS SEGMENT PASAR PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN NON JIWA RUMAH SAKIT MENUR PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2024. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (45kB)

Abstract

Meningkatnya jumlah pertumbuhan rumah sakit yang baru tidak hanya memicu persaingan antar rumah sakit,tetapi juga dipengaruhi oleh harapan yang tinggi dan persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan rumah sakit, termasuk Rumah Sakit Jiwa Menur Provinsi Jawa Timur. segmentasi pasar perlu dilakukan dengan tujuan pemasaran dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi pasar berdasarkan karakteristik pengguna jasa pelayanan kesehatan di poli rawat jalan non jiwa Rumah Sakit Jiwa Menur Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Total sampel sebanyak 99 responden di poli rawat jalan RS Jiwa Menur dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar kuisioner. Pengolahan data dilakukan dengan analisis distribusi frekuensi dan analisis cluster. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa karakteriktik demografi pasar RS berada pada kategori >45 tahun, perempuan, tingkat pendidikan sekolah menengah keatas,pegawai swasta dengan pendapatan rendah, ukuran keluarga 5-6 orang. Berdasarkan karakteriktik geografi, memiliki lokasi tempat tinggal dalam kota Surabaya dan status tempat tinggal rumah sendiri. Berdasarkan karakteriktik psikografi memiliki motivasi dan persepsi tinggi. Berdasarkan karakteristik perilaku, pola pencarian pengobatan ketika sakit ringan dan sedang memilih puskesmas/dokter keluarga sedangkan ketika sakit berat memilih rumah sakit. Berdasarkan karakteristik yang didapatkan, segmentasi pasar di RS Jiwa Menur terbagi atas tiga segmen yaitu Hospital Care aversion (32%), Hospital Care Minimizer (29%), dan Hospital Care Maximizer (38%) yang memiliki 14 karakteristik berbeda. Kata Kunci: Pelayanan kesehatan, rumah sakit, segmentasi pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan kesehatan, rumah sakit, segmentasi pasar.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 25 Sep 2024 09:06
Last Modified: 25 Sep 2024 09:06
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item