Rahmawati, Andini Yunita (2024) HUBUNGAN KUALITAS SISTEM RME TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA RME DI INSTALASI RAWAT JALAN RSIA IKATAN BIDAN INDONESIA SURABAYA. Diploma thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (467kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (139kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (217kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (205kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (140kB) |
Abstract
Berdasarkan Permenkes no. 24 tahun 2020 tentang penggunaan RME yang sudah diwajibkan diterapkan di seluruh fasyankes kesehatan di 2024. Salah satunya adalah pengukuran kualitas sistem dan kepuasan pengguna. RSIA IBI Surabaya sudah menerapkan RME sejak september 2023 yang mana hanya pada instalasi rawat jalan saja. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kualitas sistem RME, kepuasan pengguna RME dan menganalisis hubungan antara variabel kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna RME di instalasi rawat jalan RSIA IBI Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan uji korelasi spearman. Populasi pada penelitian ini adalah 21 populasi dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling dengan ditentukan 15 sampel yang digunakan. Setelah dilakukan olah data, variabel kualitas sistem RME didapatkan hasil rata-rata 4,3 yang berada pada kategori baik. Pernyataan paling rendah pada pernyataan koneksi ke RME jarang terputus dengan rata-rata 3,1. Variabel kepuasan pengguna mendapatkan rata-rata 4,1 berada pada kategori puas. Pernyataan paling rendah pada pernyataan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajari RME dengan rata-rata 3,7. Kemudian dilakukan uji korelasi spearman dan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,017, maka disimpulkan terdapat hubungan kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna. Berdasarkan pernyataan paling rendah, diharapkan RSIA IBI Surabaya melakukan perbaikan RME, dilakukan dengan cara tim IT mengecek secara rutin minimal sehari pada pagi hari untuk memastikan jaringan yang terhubung dapat berjalan lancar/ tidak. Perlu dilakukan survei kepada pengguna RME terkait fitur apa saja yang dibutuhkan/ fitur yang perlu disempurnakan kembali, dan apakah ada fitur yang harus dihapus. Bisa juga mengadakan pelatihan penggunaan RME, dengan dilaksanakan minimal 3 bulan sekali. Kata kunci: kualitas sistem RME, kepuasan pengguna RME, Rawat jalan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas sistem RME, kepuasan pengguna RME, Rawat jalan |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor > 651.504 261 Rekam Medik |
Divisions: | Program Studi > D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Nazilatur Rohmah |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:43 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 02:43 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/702 |
Actions (login required)
View Item |