Putri, Intan Aulia Anindi (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN POLIKLINIK REHAB MEDIK RUMAH SAKIT ISLAM SAKINAH MOJOKERTO TAHUN 2023. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (708kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (211kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (206kB) |
Abstract
Rumah sakit dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan konsumen dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar konsumennya meningkat. Adanya komplain dan jumlah kunjungan yang masih naik turun (fluktuatif) ini menunjukkan kepuasan pasien yang belum maksimal. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Poliklinik Rehab Medik Rumah Sakit Islam Sakinah Mojokerto. Desain penelitian adalah analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.Objek Penelitian menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliablitas, dan uji regresi linier sederhana. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Mayoritas responden menilai kualitas pelayanan berdasarkan aspek teknis (professionalism and skills) di poliklinik rehab medik adalah sangat baik (100%). . Kualitas Pelayanan berdasarkan aspek fungsional (attitude and behavior, accessibility and flexibility, reliability and trustworthiness, service recovery, dan service escape) di poliklinik rehab medik adalah sangat baik (97,9%). Kepuasan pasien (akses layanan kesehatan, mutu layanan kesehatan, proses layanan kesehatan, dan sistem layanan kesehatan) di poliklinik rehab medik adalah sangat baik masing-masing dengan nilai (98,9%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Poliklinik Rehab Medik Rumah Sakit Islam Sakinah Mojokerto, dengan nilai signifikan sebesar 0.000 0.05.Kesimpulan dan saran dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, dengan penelitian ini diharapkan supaya pihak rumah sakit meningkatkan pelayanan-pelayanan yang masih kurang memuaskan bagi pasien khususnya pada indikator akses layanan kesehatan, seperti memasang petunjuk-petunjuk arah yang lebih jelas agar pasien dapat dengan mudah menemukan poli ataupun gedung perawatan lainnya. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Nazilatur Rohmah |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 07:34 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 07:34 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/604 |
Actions (login required)
View Item |