HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN FARMASI PASIEN BPJS RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI DEPO 1RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA JEMURSARI

Anggrainy, Della Rifka (2023) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN FARMASI PASIEN BPJS RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI DEPO 1RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA JEMURSARI. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (34kB)

Abstract

Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari memiliki indikator wajib yang salah satunya adalah waktu tunggu pelayanan obat. Waktu tunggu di Depo 1 Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari belum memenuhi standar 80%. Pada tahun 2022 rata-rata waktu tunggu pelayanan obat jadi mencapai 22,66%, sedangkan untuk obat racikan memiliki rata-rata 15,68%. Waktu tunggu yang terlalu lama akan menurunkan tingkat kepuasan pada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu pelayanan farmasi pasien BPJS rawat jalan dengan kepuasan pasien di Depo 1 Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif observasional dengan pendekatan studi Cross-Sectional menggunakan uji Chi Square dengan sampel yang digunakan sebanyak 94 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara waktu tunggu pelayanan obat dengan kepuasan pasien, hal ini dibuktikan dengan hasil sebesar 0,001 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien di Depo 1 Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah mengatur jam kerja petugas farmasi, mengatur jadwal operasional pada poli rawat jalan, dan memperbaiki serta menambah sarana prasarana pada ruang tunggu pasien di Depo 1 Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari. Kata Kunci : Rumah Sakit, Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rumah Sakit Waktu Tunggu Kepuasan Pasien
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:35
Last Modified: 14 Nov 2023 02:35
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item