Bella, Gawdiolla Chinca Salsa (2023) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI BPJS RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (153kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (100kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (33kB) |
Abstract
Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan merupakan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperluka dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan. Kualitas pelayanan adalah perbandingan antara kenyataan dan harapan konsumen, jika kenyataan yang diterima lebih dari yang diharapkan, maka layanan dapat dikatakan bermutu, sebaliknya jika kenyataan kurang dari yang diharapkan, maka layanan dikatakan tidak bermutu. Penilaian yang dilakukan terhadap kualitas pelayanan tercakup dalam lima dimensi pelayanan yaitu Realibility, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness. Kepuasan pasien adalah hasil pendapat dan penilaian pasien terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh fasilitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif analitik dengan rancangan penelitian pendekatan cross sectional menggunakan uji regresi linier berganda dengan sampel yang digunakan sebanyak 75 responden. Hasil penelitian menunjukkan wkualitas pelayanan Instalasi Farmasi BPJS sebagian mendapat pelayanan dengan kategori Kurang baik. Tingkat kepuasan berdasarkan lima dimensi kualitas mutu pelayanan didapatkan pada dimensi Realibility, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness dalam kategori kurang puas Adanya pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di instalasi farmasi BPJS, hal ini dibuktikan dengan hasil sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Farmasi BPJS Rumah Sakit Islam Surabaya. Disarankan rumah sakit perlu meningkatkan beberapa dimensi kepuasan terkait kualitas pelayanan pasien BPJS di Instalasi Farmasi yaitu pada dimensi yang berpengaruh yaitu Tangible dan Responsiveness. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Nazilatur Rohmah |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 03:20 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 03:20 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/588 |
Actions (login required)
View Item |