HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT WIYUNG SEJAHTERA SURABAYA

Wulandari, Inayah (2023) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT WIYUNG SEJAHTERA SURABAYA. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (605kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (142kB)

Abstract

Waktu tunggu menjadi salah satu tolak ukur dalam standar pelayanan minimal rumah sakit, salah satunya pelayanan resep. Standar Pelayanan Minimal menetapkan waktu tunggu untuk resep obat jadi <30 menit, dan resep racikan <60 menit. Hasil observasi waktu tunggu pelayanan resep di instalasi farmasi Rumah Sakit Wiyung Sejahtera untuk jenis resep obat jadi rata-rata 34 menit, sedangkan obat racik 63 menit. Pelayanan resep yang lama akan mempengaruhi menurunnya tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan dengan kepuasan pasien di instalasi farmasi Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien rawat jalan dengan jumlah 8614 orang dan didapatkan sampel sebanyak 96 responden. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data diolah menggunakan analisis univariate dan bivariate, serta uji statistik chi square. Hasil penelitian rata-rata waktu tunggu pelayanan resep untuk obat jadi sebesar 32 menit 33 detik, dan racikan sebesar 64 menit 48 detik. Kepuasan pasien di instalasi rawat jalan yang merasa puas sebesar 41,6% dan tidak puas 58,3%. Terdapat hubungan karaketristik responden berdasarkan jenis kelamin dan metode pembayaran. Pada uji statistik chi square diperoleh nilai p value = 0,000 dengan nilai α = 0,05 yang berarti ada hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep dengan kepuasan pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya. RS Wiyung Sejahtera sebaiknya melakukan perbaikan terhadap layanan waktu tunggu resep, serta adanya evaluasi lebih lanjut mengenai mutu pelayanan dalam waktu tunggu agar dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pasien. Kata Kunci : Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, RS Wiyung Sejahtera

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Waktu Tunggu Kepuasan Pasien RS Wiyung Sejahtera
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 03 Nov 2023 04:51
Last Modified: 03 Nov 2023 05:58
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item