FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENANGANAN PENDING KLAIM PELAYANAN RAWAT JALAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIOLAN (JKN) DI UNIT PENJAMINAN KESEHATAN RUMAH SAKIT MATA MASYARAKAN JAWA TIMUR

Azizah, Febrianti Nur (2023) FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENANGANAN PENDING KLAIM PELAYANAN RAWAT JALAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIOLAN (JKN) DI UNIT PENJAMINAN KESEHATAN RUMAH SAKIT MATA MASYARAKAN JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (591kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (14kB)

Abstract

Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur sebagai FKRTL yang didominasi oleh pasien peserta JKN. Data capaian klaim peserta JKN pada rawat jalan tahun 2022 menunjukkan terdapat 358 klaim JKN yang masih tertunda (0,86%) dari total 41.224 berkas klaim yang diajukan (99,14%). Hal ini membutuhkan identifikasi, analisis, serta penerapan tindakan korektif yang tepat dalam manajemen proses guna optimalisasi penanganan klaim. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis optimalisasi manajemen dalam penanganan pending klaim peserta JKN melalui POAC. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan rancangan studi kasus (case study). Dalam proses penanganan klaim peserta JKN yang tertunda, terdapat beberapa aspek yang belum berjalan secara optimal yaitu planning, organizing, actuating yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, pengetahuan petugas terkait kelengkapan data dan informasi yang dipahami, serta ketepatan alur prosedur operasional standar (SOP) saat terjadi perubahan atau pembaruan SOP. Selain itu, pemberian reward kepada petugas, komunikasi dua arah yang terkadang terjadi kesalahpahaman, keterlambatan dalam pengajuan klaim ke BPJS Kesehatan, dan pelatihan serta pengembangan tenaga kerja juga menjadi faktor yang berpengaruh. Namun, aspek controlling yang sudah berjalan optimal. Dengan hasil observasi sebagai pendukung sesuai dengan pedoman yang ada dan lengkap. Menigkatkan kinerja petugas klaim JKN dengan memonitoring jadwal pemeliharaan sarpras, pengadaan gathering, dan koordinasi berkas klaim, serta kegiatan sosialisasi SOP. Kata kunci: Pending Klaim, BPJS Kesehatan, Manajemen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pending Klaim BPJS Kesehatan Manajemen
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 02 Nov 2023 10:02
Last Modified: 02 Nov 2023 10:02
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item