HUBUNGAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN POLI FISIOTERAPI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA

Fitri, Sindi (2023) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN POLI FISIOTERAPI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (777kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (182kB)

Abstract

Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan merupakan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan. Kepuasan pasien adalah hasil pendapat dan penilaian pasien terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh fasilitas pelayanan kesehatan. Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang masih banyak ditemui dalam kegiatan pelayanan kesehatan, serta merupakan komponen yang berpotensi salah satu penyebab ketidakpuasan pasien maupun pengantar pasien. Menunggu dalam waktu yang lama dan dalam kondisi tidak sehat adalah suatu hal yang tidak nyaman hal ini akan berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien di poli fisioterapi rawat jalan Rumah Sakit Islam Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan rancangan penelitian pendekatan cross sectional menggunakan uji Chi Square dengan sampel yang digunakan sebanyak 85 responden. Hasil penelitian menunjukkan waktu tunggu pasien poli fisioterapi sebagian mendapat pelayanan dengan kategori lama terutama pasien BPJS. Tingkat kepuasan dalam kategori kurang puas, berdasarkan lima dimensi kualitas mutu pelayanan didapatkan pada dimensi tangibles, responsiveness, reliability, dan emphaty dalam kategori kurang puas sedangkan pada dimensi assurance dalam kategori puas. Adanya hubungan antara waktu tunggu terhadap kepuasan pasien di poli fisioterapi, hal ini dibuktikan dengan hasil uji chi square sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara waktu tunggu terhadap kepuasan pasien di poli fisioterapi rawat jalan Rumah Sakit Islam Surabaya. Kesimpulan dan saran dari penelitian ini diharapkan supaya rumah sakit menambahkan kursi tunggu di poli fisioterapi, dan meningkatkan kesigapan fisioterapis supaya kedepannya bisa lebih baik lagi. Kata Kunci : Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Waktu Tunggu Kepuasan Pasien
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 30 Oct 2023 08:49
Last Modified: 30 Oct 2023 08:49
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item