ANALISIS HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU LAYANAN RUMAH SAKIT (Di Poliklinik Bedah Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya)

Sabatini, Chika Shenjulian (2023) ANALISIS HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU LAYANAN RUMAH SAKIT (Di Poliklinik Bedah Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (449kB)

Abstract

Waktu tunggu identik dengan situasi yang menjemukan dan melelahkan bagi pasien, sehingga seringkali memicu ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit. Munculnya rasa puas pada diri pasien dan keluarganya dapat dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu karena sifat pelayanan yang diterima, sikap sumber daya manusia yang memberikan pelayanan dan bentuk komunikasi petugas kesehatan dengan pasien. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif, dengan rancangan cross sectional, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling dengan besar sampel sebanyak 86 responden Poliklinik Bedah Rumah Sakit Wiyung Sejahtera. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Uji Chi-Square diperoleh nilai PValue pada setiap dimensi sebesar untuk dimensi responsiveness diperoleh hasil nilai p = 0,644, untuk dimensi tangible diperoleh hasil nilai p = 0,029, untuk dimensi reliability diperoleh hasil nilai p = 0,586, untuk dimesi assurance diperoleh hasil nilai p = 0,994 , dan untuk dimensi empathy diperoleh hasil nilai p = 0,271. Hal ini dapat diartikan bahwa nilai P > 0,05 dan dapat dinyatakan bahwa antara waktu tunggu pelayanan Poliklinik Bedah dan kepuasan pasien tidak memiliki hubungan yang bermakna. Dari hasil kuesioner dan observasi langsung dilapangan, didapatkan rata-rata waktu tunggu pelayanan Poliklinik Bedah Rumah Sakit Wiyung Sejahtera sebesar 42,31 menit dan dari 5 dimensi kepuasan pasien diperoleh hasil rata-rata kepuasan pasien sebanyak 75% responden merasa puas dan 25% reponden merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan. . Kata Kunci : Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Waktu Tunggu Kepuasan Pasien
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:22
Last Modified: 26 Oct 2023 07:22
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item