Hendriyani, Mitha (2022) ANALISIS PENERAPAN PELAYANAN TELEKONSULTASI MEDIS DI RS ISLAM SURABAYA A.YANI. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (181kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (139kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (50kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (10kB) |
Abstract
Pemanfaatan teknologi sebagai sumber informasi serta komunikasi ini sangat berpengaruh dengan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan di rumah sakit. Selama kurang lebih dua tahun di era pandemi COVID-19 munculah salah satu trobosan baru yang telah dicontohkan oleh Pemerintah yaitu pelayanan kesehatan yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat tanpa harus bepergian ke Rumah Sakit kecuali dalam keadaan darurat. Telekonsultasi adalah salah satu bagian dari telemedicine berupa teknologi yang memberikan fasilitas berupa kemudahan pasien untuk berdiskusi dengan dokter tanpa melakukan pertemuan secara langsung. Pelayanan ini dapat membantu pasien dalam menerima informasi mengenai dugaan diagnosis, perawatan atau penanganan pertama pada penyakit. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis implementasi pelayanan kesehatan berbasis online atau telekonsultasi yang diterapkan RS Islam Surabaya A.Yani. Tujuan khusus penelitian ini mengalisis because of motive dan in order to motive dalam penerapan pelayanan kesehatan berbasis online dari konteks kebijakan Pemerintah di RS Islam Surabaya A.Yani.. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, proses meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa awal mula tersedianya pelayanan telekonsultasi medis disebabkan oleh pandemi COVID-19 sehingga mengharuskan Rumah Sakit membuka atau menyediakan pelayanan kesehatan berbasis online ini. Tujuan utama dari penerapan pelayanan telekonsultasi medis ini selain untuk memutuskan mata rantai penularan virus tujuan lainnya yaitu agar pasien yang berobat di RS Islam Surabaya A.Yani dapat terlayani dengan baik sesuai dengan kebutuhan pasien itu sendiri tanpa perlu datang ke Rumah Sakit. Kata Kunci : Telekonsultasi, because of motive (Motif Sebab), in order to motive (Motif Tujuan), Pelayanan Kesehatan Berbasis Online, Pandemi COVID-19
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Telekonsultasi, because of motive (Motif Sebab), in order to motive (Motif Tujuan), Pelayanan Kesehatan Berbasis Online, Pandemi COVID-19 |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Nazilatur Rohmah |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 05:46 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 05:46 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/486 |
Actions (login required)
View Item |