Hermawan, Moch. Fajar Dwi (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS PADA PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT MATA UNDAAN BERDASARKAN METODE SERVQUAL (STUDI LAPANGAN). Diploma thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (110kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (32kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (9kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (10kB) |
Abstract
Pada tingkat kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh 5 dimensi SERVQUAL yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Kepuasan pasien merupakan indikator keberhasilan pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit. Pada laporan magang tahun 2022 Rumah Sakit Mata Undaan kepuasan pasien hasil yang didapat sebelumnya yaitu pasien yang merasa puas pada dimensi Tangible terdapat 64%, Reliability terdapat 48% pasien merasa puas, Responsiveness terdapat 52% pasien merasa puas, Assurance terdapat 46% pasien merasa sudah merasa puas, dan Emphaty terdapat 40% pasien merasa puas. Tujuan pada Karya Tulis Ilmiah ini adalah mendeskripsikan dan mempresentasekan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS pada pelayanan rawat jalan Rumah Sakit Mata Undaan berdasarkan 5 dimensi SERVQUAL. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pada sampel penelitian ini diambil menggunakan purposive sampel yang dimana hasil dari sampel ini didapat sebanyak 97 pasien. Pada hasil penelitian berdasarkan Tangible didapatkan 81%, Reliability didapatkan 73%, Responsiveness didapatkan 81%, Assurance didapatkan 81%, dan Emphaty didapatkan 81%. Pada hasil penelitian ini berdasarkan 5 dimensi SERVQUAL pada Rumah Sakit Mata Undaan secara keseluruhan menyatakan bahwa pasien merasa puas dengan presentase 80%. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Rawat Jalan, 5 Dimensi SERVQUAL.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Pelayanan Rawat Jalan, 5 Dimensi SERVQUAL. |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor > 651.504 261 Rekam Medik |
Divisions: | Program Studi > D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Indri Hartatiek Poerwatiningsih |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 08:44 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 08:44 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/471 |
Actions (login required)
View Item |