ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT DI DEPO 5 RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA

Niswa, Fitrotin (2022) ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT DI DEPO 5 RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (9kB)

Abstract

Salah satu cara untuk mengukur kefektifitasan dalam proses waktu tunggu pelayanan obat yaitu menggunakan pendekatan Six sigma. Six sigma adalah strategis bisnis untuk menghilangkan pemborosan, mengurangi biaya karena kualitas buruk, dan memperbaiki efektifitas semua kegiatan operasi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan (Nasution, 2015). Berdasarkan indikator capaian mutu waktu tunggu pelayanan obar racikan di Depo 5 RSI Surabaya Jemursari tahun 2021 masih belum mencapai standar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis waktu tunggu pelayanan obat dengan menggunakan pendekatan Six Sigma di Depo 5 RSI Surabaya Jemursari mengidentifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah resep obat racik untuk pasien umum rawat jalan di RSI Surabaya Jemursari pada bulan Januari sebanyak 184 resep. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling dengan sampel sebanyak 36 resep. Penelitian ini dilakukan dengan observasi waktu tunggu pelayanan obat yakni mengamati mulai dari pasien menyerahkan resep kepada petugas Depo 5 hingga obat diserahkan kepada pasien. Dalam tahapan DMAI (define, measure, analyze dan improve) ditemukan 4 jenis defect yang sering terjadi, yaitu mesin eror, pemborosan proses, kelebihan produksi dan kelalaian petugas. Melalui perhitungan, didapatkan tingkat sigma sebesar 2,76 dengan kemungkinan kerusakan sebesar 10887,3 defect untuk sejuta produksi resep. Disarankan untuk menambah jumlah SDM dibagian racik obat untuk meminimalisir waktu tunggu obat racikan. Kata kunci: Waktu Tunggu Pelayanan Obat, Alur Pelayanan Resep, Six Sigma

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Waktu Tunggu Pelayanan Obat, Alur Pelayanan Resep, Six Sigma
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:49
Last Modified: 23 Feb 2023 08:53
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item