Santosa, Bunga Ardiana (2022) TINJAUAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PENGEMBALIAN BERKAS KLAIM BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PUSAT ANGKATAN LAUT dr. RAMELAN SURABAYA. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (24kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (20kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (9kB) |
Abstract
Latar belakang: Pelayanan penjamin yaitu pelayanan pembayarannya yang dibebankan kepada penjamin yang sudah ada perjanjian kerjasama dengan Rumah Sakit. Terdapat dua kategori penjaminan yaitu penjaminan yang bertujuan komersial dan penjaminan yang bertujuan sosial. Klaim BPJS ialah pengajuan biaya perawatan pasien peserta BPJS oleh pihak rumah sakit kepada BPJS Kesehatan, dilakukan secara kolektif dan ditagihkan kepada pihak BPJS Kesehatan setiap bulannya. Setelah itu BPJS Kesehatan akan melakukan persetujuan klaim dan melakukan pembayaran untuk berkas yang memang layak, namun untuk berkas yang tidak layak harus dikembalikan ke rumah sakit untuk dapat diperiksa kembali. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulanHasil penelitian terdapat 7.941 berkas yang layak dibayarkan oleh BPJS Kesehatan, kemudian 136 berkas yang tidak layak pada pelayanan Rawat Inap, pada pelayanan Rawat Jalan sebanyak 55.587 berkas yang layak dibayarkan oleh pihak BPJS kemudian yang tidak layak sebanyak 3089 berkas. Berkas yang tidak layak bayar dan dikembalikan pada RSPAL dr. Ramelan dengan berbagai penyebab diantara lain satu episode pada pelayanan Rawat Inap sebanyak 83%, kemudian penyebab terbanyak kedua yaitu readmisi terbilang 8%, serta bukan jaminan BPJS sebanyak 6%. Dan pada Rawat Jalan penyebabnya adalah satu episode perawatan sebanyak 57% kemudian fragmentasi atau unbundling sebanyak 10% dan pending klaim sebanyak 8%. Data tersebut diambil dari laporan data pengembalian berkas yang tidak layak bayar oleh pihak BPJS Kesehatan.1.Untuk meminimalisir jumlah pengembalian klaim selanjutnya sangat perlu dibuatkan checklist kelengkapan berkas klaim BPJS yang diberikan pada bagian DPJP atau pada bagian pemeriksaan pasien pengguna BPJS, 2.Untuk verifikator dan BPJS kesehatan SPAL dr. Ramelan Surabaya untuk lebih koordinasi untuk penegakan koding yang sesuai dengan kaidah koding yang benar, adanya sosialisasi terhadap kebijakan terbaru permasalahan koding yang sesuai panduan klaim INA-CBGS yang diterbitkan oleh Kementeria, 3.adanya mensosialisasikan regulasi dan budaya yang berorientasi pada kendali mutu dan kendali biaya, adanya pelaksanaan tata kelola organisasi dan tata kelola klinis yang baik, serta adanya monitoring dan evaluasi secara berkala Kata kunci: Klaim, BPJS Kesehatan, Pengembalian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Klaim, BPJS Kesehatan, Pengembalian |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Nazilatur Rohmah |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 04:56 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 04:56 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/440 |
Actions (login required)
View Item |