PENGARUH FAKTOR KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD IBNU SINA KABUPATEN GRESIK

Hanifah, Rohmawati (2022) PENGARUH FAKTOR KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD IBNU SINA KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (243kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (57kB)

Abstract

Capaian indikator kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik triwulan 4 tahun 2021 yaitu 78,6% artinya belum memenuhi target >80%. Untuk mencapai kepuasan pasien sesuai dengan target rumah sakit perlu memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan harapan pasien yang berbeda – beda. Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan maka dapat meningkatkan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh faktor konsumen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Jenis penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional dan jumlah sampel sebanyak 94 pasien atau keluarga pasien. Analisis data dalam bentuk distribusi frekuensi dan uji statistik analisis regresi ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh jenis kelamin terhadap kepuasan pasien dengan nilai sig = 0,590, tidak ada pengaruh usia terhadap kepuasan pasien dengan nilai sig = 0,735, tidak ada pengaruh tingkat pendidikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai sig = 0,93, tidak ada pengaruh status pekerjaan terhadap kepuasan pasien dengan nilai sig = 0,292, dan ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan nilai sig = 0,000. Rekomendasi hasil penelitian ini diharapkan rumah sakit meningkatkan kualitas pelayanan terutama pada indikator infrastruktur dan kualitas SDM dengan cara menyediakan fasilitas kotak saran beserta kertas komentar dan alat tulisnya, melakukan evaluasi kinerja pada setiap petugas Instalasi Rawat Jalan. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:10
Last Modified: 17 Feb 2023 09:10
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item