Hanifah, Rohmawati (2022) PENGARUH FAKTOR KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD IBNU SINA KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (243kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (59kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (57kB) |
Abstract
Capaian indikator kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik triwulan 4 tahun 2021 yaitu 78,6% artinya belum memenuhi target >80%. Untuk mencapai kepuasan pasien sesuai dengan target rumah sakit perlu memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan harapan pasien yang berbeda – beda. Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan maka dapat meningkatkan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh faktor konsumen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Jenis penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional dan jumlah sampel sebanyak 94 pasien atau keluarga pasien. Analisis data dalam bentuk distribusi frekuensi dan uji statistik analisis regresi ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh jenis kelamin terhadap kepuasan pasien dengan nilai sig = 0,590, tidak ada pengaruh usia terhadap kepuasan pasien dengan nilai sig = 0,735, tidak ada pengaruh tingkat pendidikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai sig = 0,93, tidak ada pengaruh status pekerjaan terhadap kepuasan pasien dengan nilai sig = 0,292, dan ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan nilai sig = 0,000. Rekomendasi hasil penelitian ini diharapkan rumah sakit meningkatkan kualitas pelayanan terutama pada indikator infrastruktur dan kualitas SDM dengan cara menyediakan fasilitas kotak saran beserta kertas komentar dan alat tulisnya, melakukan evaluasi kinerja pada setiap petugas Instalasi Rawat Jalan. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Nazilatur Rohmah |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 09:10 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 09:10 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/426 |
Actions (login required)
View Item |