EVALUASI PENARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT

Salembun, Farida Blandina (2022) EVALUASI PENARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya..

[img] Text
COVER.pdf

Download (142kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (6kB)

Abstract

Kualitas adalah sesuatu yang diputuskan oleh pelanggan. Kualitas didasarkan pada pengalaman aktual pelanggan atau konsumen terhadap produk atau jasa yang diukur berdasarkan persyaratan-persyaratan tersebut. Kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan konsumen. Kepuasan pelanggan rumah sakit atau organisasi pelayanan kesehatan lain atau kepuasan pasien dipengaruhi banyak faktor, antara lain yang bersangkutan dengan pendekatan dan perilaku petugas, perasaan pasien terutama saat pertama kali datang. Kemudian mutu informasi yang diterima, seperti apa yang dikerjakan, apa yang dapat diharap, prosedur perjanjian, waktu tunggu, fasilitas umum yang tersedia, fasilitas perhotelan untuk pasien seperti mutu makanan, privacy, dan pengaturan kunjungan serta outcome terapi dan perawatan yang diterima. Tujuan dari penelitian literature review ini adalah untuk mereview pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di rumah sakit berdasarkan studi empiris dalam 5 tahun terakhir yaitu mulai dari tahun 2018-2022 dengan menggunakan website Google Scholar, Neliti, dan PMC. Terdapat 15 jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi dan sesuai dengan pertanyaan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Indikator kualitas pelayanan yang dibahas yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, penetapan harga, fasilitas, layanan dokter, layanan perawat, registrasi jasa, dan waktu tunggu. 2) Hasil review kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan sebagian besar menyatakan puas. 3) Hasil review dari kelima belas jurnal sebagian besar menyatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien di rumah sakit Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Pengaruh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Pengaruh
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:44
Last Modified: 17 Feb 2023 07:44
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item View Item