PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW)

Fentiza, Garnis Rif'atus (2021) PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (10kB)

Abstract

Mutu pelayanan adalah keseluruhan karakteristik jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan konsumen. Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Tujuan dari penelitian literature review ini untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit dengan pendekatan literature review. Studi literature review ini diperoleh dari penelusuran artikel penelitian ilmiah dari rentang tahun 2010-2020 dengan menggunakan Google Scholar, Garuda Ristekbrin, dan Indonesian One Search. Terdapat 9 jurnal, 1 tugas akhir atau skripsi yang sesuai dengan kriteria sesuai inklusi. Berbagai artikel yang didapatkan menyatakan bahwa Rumah Sakit sudah menerapkan mutu pelayanan sesuai dengan teori RATER yang meliputi : bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Hasil dari penelitian literature review ini menyatakan bahwa 7 dari 10 jurnal mempunyai pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di instalasi gawat darurat. 7 dari 10 jurnal menyatakan bahwa kepuasan pasien terletak pada indikator puas dengan mutu pelayanan yang diberikan di instalasi gawat darurat. 8 dari 10 jurnal menyatakan bahwa mutu pelayanan di instalasi gawat darurat sudah baik. Diharapkan pihak instansi Rumah Sakit meningkatkan mutu pelayanan yang ada di Instalasi Gawat Darurat, atasan memberlakukan reward and punishment kepada petugas guna meningkatkan kepuasan pasien yang ada di Instalasi Gawat Darurat. Kata kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, IGD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, IGD
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 29 Jan 2022 12:12
Last Modified: 29 Jan 2022 12:14
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item