HUBUNGAN MUTU PELAYANAN RAWAT INAP TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW)

Hansyia, Ardi (2021) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN RAWAT INAP TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (4kB)

Abstract

Di beberapa rumah sakit masih ditemukan ketidak puasan pasien terhadap mutu pelayanan. Ketidak puasan pasien tersebut disebabkan karena pasien merasa mutu pelayanan dirawat inap yang kurang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Penelitian ini merupakan studi literature review. Study literature review ini diperoleh dari penelusuran artikel penelitian ilmiah dari rentang tahun 2015-2020 dengan menggunakan portal garuda, google scolar, indonesia one search. Ditemukan 15 jurnal yang memenuhi kriteria inklusi dan sesuai dengan pertanyaan penelitian. Hasil temuan literature review, mutu pelayana di rawat inap dari setiap variabel dimensi mutu masih banyak dalam kategori kurang baik. Presentase pasien tidak puas terhadap pelayana rawat inap lebih banyak dari pada pasien merasa puas terhadap pelayanan rawat inap. 80% artikel menyatakan semua variabel dari dimensi mutu berhubungan dengan kepuasan pasien. Kesimpulan dimensi mutu yang dinilai responden paling baik sampai yang kurang baik secara berurutan adalah dimensi empati, jaminan , bukti fisik, ketanggapan dan kehandalan. Pasien rawat inap masih banyak yang merasa tidak puas dengan pelayanan rawat inap dirumah rumah sakit. Dimensi yang paling kuat hubungannya dengan kepuasan pasien adalah dimensi bukti langsung dan empati. Saran bagi rumah sakit perlu memperhatikan dimensi kehandalan, karena banyak pasien merasa tidak puas terhadap dimensi kehandalan. Dengan didukung memberikan pelatihan kepada petugas kesehatan agar dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam menjaga mutu pelayanan dan kepuasan pasien. Kata kunci : Kepuasan pasien, Mutu pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Mutu pelayanan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 26 Dec 2021 13:17
Last Modified: 05 Jan 2022 15:14
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item