Wijaya, Ardhi (2021) PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN ANTARA RUMAH SAKIT PEMERINTAH DENGAN SWASTA (SKRIPSI LITERATUR REVIEW). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (40kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (49kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (25kB) |
Abstract
Masalah yang terjadi dalam 10 artikel yang dipilih sebagai sumber data dalam penelitian literature review ini adalah apakah ada perbedaan kepuasan pasien antara rumah sakit pemerintah dengan rumah sakit swasta. Menurut pendapat (Kotler dan Pohan (2007) Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Pada umumnya pasien mengharapkan produk berupa barang atau jasa yang dikonsumsi dapat diterima dan dinikmatinya dengan pelayanan yang baik atau memuaskan, kepuasan pasien dapat membentuk persepsi dan selanjutnya dapat memposisikan produk perusahaan di mata pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien rumah sakit pemerintah dengan rumah sakit swasta. Penelitian ini merupakan penelitian literatur review. Studi literatur ini diperoleh dari penelusuran artikel penelitian ilmiah dari rentang tahun 2011-2021 dengan menggunakan Google Scholar, Neliti, dan Portal Garuda. Terdapat 10 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan sesuai dengan pertanyaan penelitian. Berdasarkan keseluruhan artikel tersebut maka di dapatkan hasil bahwa pertama kepuasan pasien di rumah sakit pemerintah diantaranya pasien sudah cukup puas dan cukup baik dari segi Keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), maupun bukti fisik (tangible). Kedua kepuasan pasien di rumah sakit swasta juga sudah cukup puas dan pelayanan yang diberikan juga sangat baik dari lima dimensi tersebut. Ketiga identifikasi perbedaan kepuasan pasien di rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta tidak ada perbedaan yang cukup signifikan. Karena pasien sama-sama merasa puas jika harapan yang di inginkan bisa sesuai dengan apa yang diharapkan. Kata kunci : Kualitas pelayanan, Rumah Sakit Negeri, Rumah Sakit Swasta
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan, Rumah Sakit Negeri, Rumah Sakit Swasta |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Indri Hartatiek Poerwatiningsih |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 08:41 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 09:24 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/374 |
Actions (login required)
View Item |