PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW)

Permana, Bunge Puspita (2021) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (27kB)

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu masalah bagi setiap rumah sakit, maka dari itu rumah sakit perlu mendesain program atau alat untuk memasarkan produk sehingga mendapat respon dari pasar sasaran yaitu pasien, alat yang dimaksud ialah bauran pemasaran. Bauran pemasaran atau marketing mix merupakan sekumpulan strategi pemasaran yang terdiri dari produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (physical evidence) dan proses (process). Mengingat di jaman sekarang jumlah rumah sakit tentunya semakin meningkat, sehingga persaingan semakin ketat maka diperlukannya strategi untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin. Penelitian ni bertujuan untuk meriview apakah terdapat pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien di rumah sakit. dengan menggunakan metode literature review. Metode studi literature review ini dilakukan dengan penelusuran artikel melalui database Indonesia One Search, Neliti dan Google Scholar. Penelusuran artikel penelitian ilmiah ini diambil dari kurun waktu sepuluh tahun terakhir, yaitu dari tahun 2011 sampai tahun 2021. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Sebagian besar bauran pemasaran di rumah sakit ialah baik 2) Loyalitas pasien di rumah sakit dinyatakan baik 3) Bauran pemasaran memberikan pengaruh terhadap loyalitas pasien di rumah sakit. Hasil penelitian ini diharapkan rumah sakit dapat melakukan evaluasi secara berkelanjutan terhadap 7 elemen bauran, dengan dilakukannya evaluasi, disertai komunikasi dan koordinasi yang baik diharapkan program-program pemasaran rumah sakit dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Loyalitas Pasien, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Loyalitas Pasien, Rumah Sakit
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 24 Oct 2021 12:51
Last Modified: 14 Jan 2022 15:21
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item View Item