Handjani, Della Rima (2021) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (36kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (55kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (8kB) |
Abstract
Pemasaran rumah sakit yang baik sangat penting agar rumah sakit bertahan dalam persaingan dan berkembang menjadi lebih baik. Rumah sakit yang telah melakukan pemasaran didalamnya perlu mengembangkan beberapa program pelayanan dan terus menganalisis bauran pemasaran yang telah diterapkan. Tujuan penelitian untuk menganalisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Penelitian ini menggunakan studi literature review yang didapatkan dari hasil penelusuran artikel jurnal dari rentang tahun 2011-2020. Penelurusan artikel jurnal diakses dengan database one search, portal garuda, dan google scholar. Penentuan kata kunci menggunakan boolean operator dengan kode and yaitu bauran pemasaran kepuasan pasien and rumah sakit. Ditemukan 10 jurnal yang memenuhi kriteria inklusi dan sesuai dengan pertanyaan penelitian. Hasil dari literature review pada identifikasi bauran pemasaran menyatakan bahwa berbedanya komponen bauran merupakan hasil dari berkembangnya teknologi. Masing-masing dari komponen bauran pemasaran tersebut saling berhubungan dan mempunyai suatu bauran yang optimal. Pada identifikasi kepuasan pasien menyatakan bahwa secara keseluruhan, kepuasan pasien dinilai tinggi karena pelayanan sudah sesuai dengan harapan. Pada analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien dirumah sakit menyatakan bahwa tidak semua komponen berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kesimpulannya adalah bauran pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan pasien, namun tidak semua komponen berpengaruh signifikan, diantaranya (proses, product, place, promotion dan (Product, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, Public relations, Power). Saran adalah menambah sumber daya manusia, menambahkan ketersediaan ruang perawatan, menambah inovasi pelayanan dengan membuat tempat pelayanan yang nyaman, promosi komunikasi efektif dan terpercaya. Kata Kunci : Bauran Pemasaran; Kepuasan Pasien; Rumah Sakit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran; Kepuasan Pasien; Rumah Sakit |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Indri Hartatiek Poerwatiningsih |
Date Deposited: | 10 Oct 2021 13:37 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 15:25 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/331 |
Actions (login required)
View Item |