PENGARUH TELEMEDICINE TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PELAYANAN RUMAH SAKIT SEMASA PANDEMI COVID-19 (SKRIPSI LITERATURE REVIEW)

Susmiyati, Susmiyati (2021) PENGARUH TELEMEDICINE TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PELAYANAN RUMAH SAKIT SEMASA PANDEMI COVID-19 (SKRIPSI LITERATURE REVIEW). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (534kB)

Abstract

Pandemi virus corona yang terjadi diseluruh negara di dunia, membuat pasien merasa cemas dan khawatir untuk melakukan kunjungan pada pelayanan di Rumah Sakit. Kecemasan pasien terjadi karena kekhawatiran terkena paparan virus corona. Pandemi telah menyebabkan penggunaan kunjungan virtual sebagai pengganti kunjungan langsung untuk pasien di pelayanan Rumah Sakit. Kunjungan virtual tersebut berupa program telemedicine yang menyediakan akses jarak jauh ke beberapa pelayanan sambil meminimalkan paparan pasien terhadap virus. Penerapan program telemedicine berpengaruh terhadap kepuasan pasien setelah menerima pelayanan. Penelitian literature review ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh program telemedicine terhadap kepuasan pasien pada pelayanan di Rumah Sakit selama masa pandemi COVID-19. Desain penelitian yang digunakan adalah studi literature review, yang merupakan sistem penulusuran artikel penelitian ilmiah dengan menggunakan beberapa database google scholar, garuda, neliti, one search, dan science direct dalam rentan waktu 2020-2021. Berdasarkan hasil penelitian dari 10 artikel dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pasien di berbagai pelayanan merasa puas terhadap penerapan telemedicine. Sebagian besar pasien puas dengan kunjungan telemedicine berbasis video, namun tidak sedikit yang melakukan kunjungan dengan berbasis konsultasi telepon atau audio. Disamping kepuasan pasien yang tinggi, ada beberapa pasien di beberapa pelayanan yang menyatakan bahwa penerapan telemedicine tidak cocok untuk pemeriksaan fisik yang membutuhkan penanganan langsung dari dokter terhadap pasien. Untuk sebagian pasien juga menyatakan bahwa adanya kendala teknologi pada konektivitas sinyal yang dibutuhkan pada penerapan telemedicine. Hal tersebut memiliki tantangan terhadap pelayanan di Rumah Sakit walaupun terdapat pengaruh positif terhadap peningkatan kepuasan pasien dengan melakukan evaluasi dan peningkatan terkait penerapan telemedicine pada pelayanan di Rumah Sakit. Kata Kunci : Telemedicine, Kepuasan Pasien, COVID-19, Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Telemedicine, Kepuasan Pasien, COVID-19, Pasien
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 03 Oct 2021 07:40
Last Modified: 07 Jan 2022 05:58
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item