HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS RUANG RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW)

Haryanti, Shepty Eka (2021) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS RUANG RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (4kB)

Abstract

Mutu pelayanan adalah keseluruhan karakteristik jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan konsumen, dan BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan, serta kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Tujuan dari penelitian literature review ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit dengan pendekatan literature review. Studi literature review ini diperoleh dari penelusuran artikel penelitian ilmiah dari rentang tahun 2010-2020 dengan menggunakan Google Scholar, Garuda Ristekbrin, dan Pubmed. Terdapat 9 jurnal, 2 tugas akhir atau skripsi yang sesuai dengan kriteria inklusi. Berbagai artikel yang didapatkan menyatakan bahwa Rumah Sakit menerapkan mutu pelayanan sesuai dengan teori RATER yang meliputi: bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Hasil dari penelitian literature review ini menyebutkan bahwa 9 dari 11 jurnal yang diambil, menyatakan terdapat hubungan antara mutu pelayanan (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati) dengan kepuasan pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit, sedangkan 2 jurnal menyatakan tidak ada hubungan antara mutu pelayanan bukti fisik, jaminan dan empati dengan kepuasan pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit. Diharapkan Instansi Rumah Sakit mampu meningkatkan mutu pelayanan agar nilai kepuasan pasien semakin meningkat dan rumah sakit bisa mendapatkan akreditasi yang tinggi. Kata kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien BPJS, Rawat Inap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien BPJS, Rawat Inap
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 02 Oct 2021 15:59
Last Modified: 14 Jan 2022 13:29
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item View Item