GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN TEMPAT PENDAFTARAN DI INSTALASI RAWAT JALANRS JIWA MENUR PROVINSI JAWA TIMUR

Ningtyas, Meytha Nugraha (2019) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN TEMPAT PENDAFTARAN DI INSTALASI RAWAT JALANRS JIWA MENUR PROVINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo.

[img] Text
COVER.pdf

Download (81kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (49kB)

Abstract

Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan adalah melakukan survei kepuasan masyarakat kepada penggunan pelayanan terutama pada pelayanan kesehatan di RS yang diantaranya yaitu pasien atau kelaurga pasien. RS Jiwa Menur Provinsi Jawa Timur belum ada kegiatan survei dan wawancara terhadap kepuasan pasien pada pelayanan loket BPJS (verifikator) dan pendaftaran BPJS rawat jalan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan pada pelayanan loket BPJS (verifikator) dan pendaftaran BPJS rawat jalan dengan menggunakanSurvei Kepuasan Masyarakat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 di TPPRJ RS Jiwa Menur Provinsi Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Manfaat penelitian ini adalah untuk mendapatkan tambahan pengetahuan dalam proses penelitian tentang penilaian mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat di TPPRJ RS Jiwa Menur Provinsi Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Non random sampling dengan Quota Sampling jumlah yang diambil sebanyak 100 responden, diikuti dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Pengambilan data yang digunakan melalui lembar kuesioner yang berisikan pertanyaan dari 6 unsur Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien dalam Survei Kepuasan Masyarakat yang terdiri dari 6 unsur pelayanan menghasilkan nilai 74,50 dengan kategori Kurang Baik (C), pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan loket BPJS (verifikator) dan pendaftaran BPJS rawat jalan di RS Jiwa Menur Provinsi Jawa Timur. Dari 6 unsur yang diteliti, ada tiga unsur yang memiliki nilai pelayanan yang rendah, yaitu unsur persyaratan, unsur waktu penyelesaian dan unsur perilaku pelaksana. Pelayanan tersebut perlu diperbaiki, agar dapat tercapai mutu pelayanan yang lebih baik untuk unsur-unsur tersebut. Kata Kunci : Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Pendaftaran Pasien Rawat Jalan, Mutu Pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Pendaftaran Pasien Rawat Jalan, Mutu Pelayanan.
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor > 651.504 261 Rekam Medik
Divisions: Program Studi > D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 09 Sep 2021 08:36
Last Modified: 11 Apr 2022 06:59
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item