REKOMENDASI PENINGKATAN KUNJUNGAN PERSALINAN BERDASARKAN ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PERDANA MEDICA SURABAYA TAHUN 2019

Yanti, Nur (2019) REKOMENDASI PENINGKATAN KUNJUNGAN PERSALINAN BERDASARKAN ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PERDANA MEDICA SURABAYA TAHUN 2019. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (68kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (12kB)

Abstract

Adanya masalah dikarenakan tidak sesuainya antara harapan dengan kenyataan dari pelaksana, yaitu menurunnya jumlah kunjungan di kamar bersalin di Rumah Sakit Ibu dan Anak Perdana Medica Surabaya selama 3 tahun sebesar 9,5 %. Untuk dapat meningkatkan kinerja pelayanan pada rumah sakit dapat diketahui melalui beberapa indikator seperti responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), tangible (bukti fisik), emphaty (empati), reliability (kehandalan). Indikator tersebut dapat digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan dan digunakan sebagai bahan evaluasi dan perencanaan sumber daya yang ada di Rumah Sakit Ibu dan Anak Perdana Medica Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan selama 4 minggu pada bulan juli 2019 di ruang kamar bersalin Rumah Sakit Ibu dan Anak Perdana Medica Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di ruang kamar bersalin Rumah Sakit Ibu dan Anak Perdana Medica Surabaya dan sampel yang diambil sebanyak 31 responden dari para pasien di ruang kamar bersalin Rumah Sakit Ibu dan Anak Perdana Medica Surabaya dengan pendekatan accidental sampling. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode kuesioner dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut sesuai dengan hasil yang diperoleh melalui tabel frekuensi dan wawancara dapat dilihat bahwa penilaian masing-masing dimensi kualitas pelayanan (Responsiveness, Assurance, Tangible, Empathy, Reliability) adalah baik. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pelayanan yang diberikan di ruang kamar bersalin Rumah Sakit Ibu dan Anak Surabaya kepada pasien secara keseluruhan sudah baik, tetapi ada beberapa item pada dimensi tangible yang perlu di perhatikan dan di tingkatkan lagi. Kata kunci : Kualitas, Ruang, Metode

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Ruang, Metode
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 07 Sep 2021 13:00
Last Modified: 22 Mar 2022 03:04
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item