EVALUASI MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI TEMPAT PENDAFTARAN PUSKESMAS MULYOREJO SURABAYA

Paramastri, Ridha (2019) EVALUASI MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI TEMPAT PENDAFTARAN PUSKESMAS MULYOREJO SURABAYA. Diploma thesis, STIKES Yayasan RS. Dr Soetomo.

[img] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (12kB)

Abstract

Kesehatan merupakan kebutuhan yang utama bagi setiap masyarakat. Semakin meningkatnya pertumbuhan masyarakat Indonesia khususnya di kota besar semakin meningkat pula taraf hidup masyarakat yang salah satunya di bidang kesehatan. Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan adalah melakukan survey kepuasan masyarakat kepada penggunan pelayanan terutama pada pelayanan kesehatan di puskesmas yang diantaranya yaitu pasien atau kelaurga pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat dan harapan pasien dengan menggunakan Survei Kepuasan Masyarakat Peraturan Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 di Tempat Pedaftaran Puskesmas Mulyorejo Surabaya. Manfaat penelitian ini adalah untuk mendapatkan tambahan pengetahuan dan praktek dalam proses penelitian tentang mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat dan harapan pasien di Tempat Pedaftaran Puskesmas Mulyorejo Surabaya. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Jumlah Kunjungan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mulyorejo Surabaya Bulan Januari-Maret tahun 2019 diperoleh 9981 pasien. Peneliti menggunakan sample dengan teknik random sampling di ruang tunggu tempat pendaftaran Puskesmas Mulyorejo Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada Bulan April-Juli 2019. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner dan Wawancara. Dari hasil pengambilan sampel kepuasan pasien terhadap di tempat pendaftaran berdasarkan SKM 9 unsur pelayanan menghasilkan nilai = 80,71 dengan kategori Baik, bahwa pasien kurang puas dengan pelayanan di tempat pendaftaran. Dari sembilan unsur ada unsur yang paling rendah yaitu penanganan, pengaduan, saran dan masukkan. Kata Kunci : Survey Kepuasaan Masyarakat (SKM), Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Survey Kepuasaan Masyarakat (SKM), Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor > 651.504 261 Rekam Medik
Divisions: Program Studi > D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:51
Last Modified: 02 Apr 2022 13:07
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item