ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD Dr. R. SOSODORO DJATIKOESOEMO BOJONEGORO TAHUN 2019

Putri, Nevy Kusumaning Ayu (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD Dr. R. SOSODORO DJATIKOESOEMO BOJONEGORO TAHUN 2019. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (19kB)

Abstract

BPJS Kesehatan merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan Program Jaminan Sosial di Indonesia. Masalah yang didapat bahwa pelaksanaan klaim BPJS dalam penyerahan berkas klaim pasien rawat inap kepada kantor BPJS Kesehatan masih mengalami keterlambatan yang jauh dari tanggal yang sudah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan Nomor 3 pasal 24 ayat 1, Fasilitas Kesehatan mengajukan klaim setiap bulan secara regular paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya. Jika RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro masih mengalami keterlambatan dalam pengajuan klaim setiap bulannya yang nantinya akan berdampak pada kegagalan klaim maka rumah sakit akan mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya keterlambatan pengajuan klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap di RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan rancangan cross sectional. Subyek ini yaitu Kepala Instalasi Pelayanan Administrasi Terpadu, Kepala Sub Bagian Verifikasi dan Akutansi, Petugas Pengelolaan Klaim BPJS Kesehatan Pasien rawat inap serta dokumen berkas pengajuan klaim. Hasil penelitian variabel pemberdayaan organisasi total IKK agregat untuk petugas instalasi PAT sebesar 67,2% yang termasuk dalam kategori baik, tetapi ada 3 variabel kepuasan karyawan yang jumlah IKK nya masih berada dibawah total IKK agregrat. Dari variabel waktu penyelesaian 1 berkas klaim petugas verifikasi administrasi sampai berkas dientry membutuhkan waktu selama 18:39:03 per berkas. Dari variabel kelengkapan persyaratan berkas klaim terdapat 35 % persyaratan berkas klaim tidak lengkap dan harus dikembalikan lagi keruang perawatan, kembalinya berkas klaim ke ruang perawatan yang berpotensi menyebabkan keterlambatan dalam pengajuan klaim. Variabel jumlah dan kompetensi sumber daya manusia petugas pengelolaan klaim berpotensi menyebabkan keterlambatan dalam pengajuan klaim dan masih ada beberapa petugas pengelolaan klaim yang masih belum mengikuti pelatihan yang sesuai dengan jabatannya. Kata kunci : Faktor penyebab, Keterlambatan Pengajuan Klaim, Pasien Rawat Inap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Faktor penyebab, Keterlambatan Pengajuan Klaim, Pasien Rawat Inap
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:33
Last Modified: 04 Mar 2022 07:47
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item