ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA INSTALASI RAWAT INAP BERDASARKAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DI RSU PRIMA HUSADA TAHUN 2019

Purnama, Enggal (2019) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA INSTALASI RAWAT INAP BERDASARKAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DI RSU PRIMA HUSADA TAHUN 2019. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (10kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (19kB)

Abstract

Instalasi Rawat Inap di RSU Prima Husada mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien. Penyebab terjadinya penurunan jumlah kunjungan pasien rata-rata 3 tahun terakhir adalah 19.15% akan dihubungkan dari sisi kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor dimensi kualitas pelayanan di Instalasi Rawat Inap RSU Prima Husada. Kegiatan penelitian ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit serta meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, Analasis data pada penelitian ini menggunakan analisis univariate atau analisis deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah pasien yang berkunjung di Instalasi Rawat Inap RSU Prima Husada menggunakan Total Sampling yang dilakukan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2019 sebesar 60 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke lima faktor dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari Kehandalan (Reliability), Jaminan/kepastian (Assurance), Berwujud/bukti fisik (Tangible), Perhatian (Emphaty), Daya tanggap (Responsivness) dinyatakan puas di Instalasi Rawat Inap RSU Prima Husada. Pada hasil penelitian ini memiliki nilai tertinggi yang terdapat pada faktor Jaminan/kepastian (Assurance) dan nilai terendah yang terdapat pada faktor Berwujud/bukti fisik (Tangible). RSU Prima Husada disarankan untuk tetap mempertahankan prestasi pelayanan yang sudah memuaskan pelanggan, lebih memperhatikan keadaan kebersihan ruangan Instalasi Rawat Inap dan toilet rumah sakit, menambah tenaga cleaning service, serta lebih meningkatkan kualitas SDM. Kata kunci : Rumah Sakit, Instalasi Rawat Inap, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rumah Sakit, Instalasi Rawat Inap, Kualitas Pelayanan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 04 Sep 2021 16:32
Last Modified: 23 Mar 2022 04:26
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item