HUBUNGAN (MARKETING MIX) TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA TAHUN 2019

Fatmawati, Gizella (2019) HUBUNGAN (MARKETING MIX) TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA TAHUN 2019. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (60kB)

Abstract

Berdasarkan data unit rawat inap di Rumah Sakit Islam Surabaya tahun 2019, diketahui bahwa capaian BOR di Instalasi Rawat Inap masih belum memenuhi standar pada tahun 2018 yakni masih kurang dari 85%. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi adanya hubungan bauran pemasaran (marketing mix) dengan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Inap Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan rancang bangun penelitian deksriptif menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang pernah dirawat inap di Rumah Sakit Islam Surabaya pada bulan Januari – Maret tahun 2019 dan teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling berjumlah 98 orang. Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara seluruh variabel bauran pemasaran (marketing mix) yaitu bauran pemasaran produk dengan loyalitas pasien (Pvalue = 0,015), adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran harga dengan loyalitas pasien (Pvalue = 0,016, adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran tempat dengan loyalitas pasien (Pvalue = 0,006), adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran promosi dengan loyalitas pasien (Pvalue = 0,011), adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran proses dengan loyalitas pasien (Pvalue = 0,000), adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran SDM dengan loyalitas pasien (Pvalue = 0,000, dan adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran bukti fisik dengan loyalitas pasien (Pvalue = 0,000).Dengan koefisien korelasi tertinggi pada bauran proses 0,581 menunjukkan hubungan yang kuat. Hubungan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien tergantung pada kualitas yang diberikan kepada pasien, semakin baik produk atau pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi pula tingkat loyalitas pasien tersebut. Kata kunci : bauran pemasaran, BOR, loyalitas pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bauran pemasaran, BOR, loyalitas pasien
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 02 Sep 2021 14:18
Last Modified: 24 Mar 2022 04:39
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item View Item