Abidin, Desy Islameysari (2020) EVALUASI MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PACARKELING SURABAYA. Diploma thesis, STIKES Yayasan RS. Dr Soetomo.
Text
COVER.pdf Download (331kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (52kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (48kB) |
Abstract
Kesehatan merupakan hal yang sangat penting agar manusia dapat bertahan hidup dan melakukan aktivitas. Pentingnya kesehatan ini mendorong pemerintah untuk mendirikan layanan kesehatan. Salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan adalah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat kepada pengguna layanan dengan mengukur kepuasan masyarakat pengguna layanan Pusat Kesehatan Masyarakat yaitu pasien atau keluarga pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat dan harapan pasien dengan menggunakan Survei Kepuasan Masyarakat Peraturan Menteri Pedayaguanaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 di Tempat Pendaftaran Puskesmas Pacarkeling Surabaya. Manfaat penelitian ini adalah untuk mendapatkan tambahan pengetahuan dan praktek dalam proses penelitian tentang mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat dan harapan pasien di Tempat Pendaftaran Puskesmas Pacarkeling Surabaya. Jenis Penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Jumlah Kunjungan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Pacarkeling Surabaya Bulan Oktober-Desember tahun 2019 diperoleh 10.363 pasien. Peneliti menggunakan sample dengan teknik random sampling di ruang tunggu tempat Pendaftaran Puskesmas Pacarkeling Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada Bulain Maret-Mei 2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuisioner dan Wawancara. Dari Hasil pengambilan sampel kepuasan pasien di tempat pendaftaran berdasarkan SKM 9 unsur pelayanan menghasilkan nilai = 74,25 dengan kategori Kurang Baik, bahwa pasien kurang puas dengan pelayanan di tempat pendaftaran. Dari sembilan unsur ada unsur yang paling rendah yaitu Waktu Pelayanan, Penanganan, pengaduan saran dan masukan, dan Sarana Prasarana. Kata Kunci : Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor > 651.504 261 Rekam Medik |
Divisions: | Program Studi > D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Nazilatur Rohmah |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 10:15 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 07:05 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/14 |
Actions (login required)
View Item |