ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGUMPULAN INDIKATOR MUTU UNIT KE KMKP DI RUMAH SAKIT TINGKAT III BRAWIJAYA SURABAYA

Sartono, Yolanda Ayunistya Fridhawati (2020) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGUMPULAN INDIKATOR MUTU UNIT KE KMKP DI RUMAH SAKIT TINGKAT III BRAWIJAYA SURABAYA. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (9kB)

Abstract

Setiap rumah sakit memiliki peraturan tertulis atau regulasi untuk meningkatkan mutu pelayanan salah satunya adalah SOP (Standar Operasional Prosedur) pencatatan dan pelaporan indikator mutu. Pengumpulan indikator mutu unit di Rumah Sakit Tingkat III Brawijaya sering mengalami keterlambatan, hal ini tidak sesuai dengan batas pengumpulan di dalam Standar Operasional Prosedur (SOP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab keterlambatan pengumpulan indikator mutu unit ke KMKP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik wawancara, observasi serta telaah dokumentasi dengan 14 subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat 5 Faktor penyebab keterlambatan yaitu Faktor man meliputi beban kerja yang terlalu banyak dan kurangnya pengetahuan petugas terhadap batas pengumpulan laporan. Faktor Methode yaitu belum ada penerapan reward karena keterbatasan dana dan belum tercantum di dalam buku petujuk teknis Kerangka Kerja Anggaran sedangkan punishment hanya menerapkan sanksi berupa teguran lisan. Faktor Material yaitu laporan unit yang semi manual karena sistem pengisian menggunakan form lalu dikirimkan melalui jaringan Local Area Connection. Faktor machine meliputi SIM RS yang belum berjalan optimal karena belum terintegrasi atau otomatis keruangan untuk proses penginputan data. Faktor Money yaitu pemberian remunerasi belum secara beban kerja atau fungsional namun berdasarkan golongan, untuk itu peneliti membuat saran yaitu pemberian sosialisasi pengumpulan laporan indikator mutu secara berkala, Pembuatan surat edaran untuk unit yang melakukan keterlambatan pengumpulan indikator mutu, Penganggaran dana untuk pembuatan SIM RS yang dapat otomatis ke seluruh ruangan, memasukkan pengumpulan data indikator mutu sebagai salah satu penilaian dalam logbook kinerja pegawai, memberikan pelatihan program SIRSAK (Sistem Informasi Rumah Sakit Ala KARS). Kata kunci: Indikator mutu, SOP (Standart Operasional Prosedur), penyebab keterlambatan, manajemen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Indikator mutu, SOP (Standart Operasional Prosedur), penyebab keterlambatan, manajemen.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 26 Aug 2021 10:51
Last Modified: 07 Feb 2022 07:05
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item