Irawan, Mochammad Rizki (2019) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA TAHUN 2019. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (24kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (115kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (59kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (23kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (19kB) |
Abstract
Berdasarkan pada data persentase kepuasan pasien di IRJ tahun 2018, bahwa kepuasan pasien di IRJ setiap bulannya belum ada yang mencapai angka 90% yang dapat mempengaruhi loyalitas pasien dan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Hal tersebut tidak sesuai dengan SPM IRJ yang sudah tertera di Permenkes yaitu sebesar ≥ 90%. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien dengan 5 dimensi yaitu Reliability (Kehandalan Pelayanan), Assurance (Jaminan Pelayanan), Tangible (Bukti Fisik), Empathy (Sikap Petugas) dan Responsiveness (Daya Tanggap) dengan menggunakan uji korelasi Spearman di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Cross – Sectional. Sampel pada penelitian ini adalah pasien atau keluarga pasien dengan jumlah 100 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji korelasi Spearman. Berdasarkan hasil penelitian, Reliability tidak ada hubungan dengan Loyalitas Pasien yang berarti perlu diadakan evaluasi ulang mengenai ketepatan penyelesaian pengobatan. Assurance tidak ada hubungan dengan Loyalitas Pasien yang berarti perlu diadakan pelatihan agar meningkatkan profesionalitas. Tangible tidak ada hubungan dengan Loyalitas Pasien yang berarti perlu diadakan evaluasi ulang untuk setiap ruang pemeriksaan. Empathy tidak ada hubungan dengan Loyalitas Pasien yang berarti perlu diadakan pelatihan untuk membangun rasa pengertian. Responsiveness ada hubungan dengan Loyalitas Pasien yang berarti perlu disediakan lembar kritik dan saran untuk tenaga kesehatan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pasien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pasien |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Indri Hartatiek Poerwatiningsih |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 05:00 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 04:58 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/11 |
Actions (login required)
View Item |