Cahyaningrum, Rina (2025) HUBUNGAN MENU, PELAYANAN, DAN LINGKUNGAN MAKANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA JEMURSARI. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (487kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (218kB) |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (313kB) |
|
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
|
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (298kB) |
|
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (236kB) |
Abstract
Pelayanan gizi di rumah sakit merupakan bagian penting dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien. Pada data mutu pelayanan di rumah sakit Islam Surabaya Jemursari tahun 2024 menunjukkan rata-rata sisa makanan pasien mencapau 20.83%, melebihi standar maksimal kementerian kesehatan (< 20%). Tingginya sisa makanan dapat mengindikasikan adanya masalah pada kualitas menu, pelayanan, dan lingkungan makanan yang berpotensi mempengaruhi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan menu makanan, pelayanan makanan, dan lingkungan makanan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit islam surabaya jemursari. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah pasien yang menjalani rawat inap di ruang Azzara 1 dan 2 rumah sakit islam surabaya jemursari dan jumlah responden yang di dapat pada penelitian sebanyak 77 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji kendall’s tau untuk menguji hubungan antar variabel menu makanan, pelayanan makanan, lingkungan makanan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara menu makanan meliputi kualitas makanan dengan indikator rasa makanan (p=0.689) dan tekstur makanan (p=0.063), pilihan menu makanan dengan indikator variasi menu makanan (p=0.490), penyajian makanan dengan indikator penampilan makanan (p=0.077) dan suhu makanan (p=0.104) dengan tingkat kepuasan. Ada hubungan antara pelayanan makanan (p=0.000) dengan tingkat kepuasan dan lingkungan makanan (p=0.000) dengan tingkat kepuasan. Kata Kunci : Menu Makanan, Pelayanan Makanan, Lingkungan Makanan, Kepuasan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Menu Makanan, Pelayanan Makanan, Lingkungan Makanan, Kepuasan |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
| Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
| Depositing User: | Nazilatur Rohmah |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 05:15 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 05:15 |
| URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/1003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

