GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT DELTA SURYA SIDOARJO

Nahdiyah, Mas’adah Laili (2020) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT DELTA SURYA SIDOARJO. Diploma thesis, STIKES Yayasan RS. Dr Soetomo.

[img] Text
201711068 Masadah Laili Nahdiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Semakin banyaknya rumah sakit yang tersebar diseluruh daerah, dapat di pastikan semakin ketat pula persaingan antar rumah sakit untuk merebut konsumen. Tentunya, konsumen dihadapkan pada banyak pilihan atau alternatif dalam memilih rumah sakit. Oleh karena itu, setiap rumah sakit perlu mengetahui bagaimana mengolah dan mengembangkan kualitas pelayanan jasanya dan harus mengetahui terlebih dahulu secara keinginan dan kebutuhan serta sejauh mana kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan, sehingga dapat diketahui faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan jumlah pasien di suatu rumah sakit salah satunya adalah Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo, yang menyediakan bermacam bentuk pelayanan dan fasilitas. Tujuan penelitian ini menganalisis tentang gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian pasien/ keluarga pasien. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden, variable penelitian ini adalah karakteristik responden (Umur, Jenis Kelamin, Pendidikan, Pekerjaan, dan Penghasilan) dan kepuasan terhadap pelayanan (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty). Persentase total skor keseluruhan jawaban berdasarkan dimensi Tangibles yaitu sebesar 68,55% diinterpretasikan kategori baik. Pada dimensi Reliability yaitu sebesar 67,10% diinterpretasikan kategori sangat baik. Pada dimensi Responsiveness yaitu sebesar 80,45% diinterpretasikan kategori sangat baik. Pada dimensi Assurance yaitu sebesar 82,60% diinterpretasikan kategori sangat baik. Pada dimensi Emphaty yaitu sebesar 75,65% diinterpretasikan kategori sangat baik. Rata-rata persentase gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan RS Delta Surya Sidoarjo sebesar 74,87% diinterpretasikan dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Karakteristik Responden, Tingkat Kepuasan, Rawat Jalan, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Responden, Tingkat Kepuasan, Rawat Jalan, Rumah Sakit
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor > 651.504 261 Rekam Medik
Divisions: Program Studi > D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 24 Aug 2021 07:36
Last Modified: 15 Sep 2021 08:10
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item