ANALISIS HUBUNGAN WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN

Tsani, Mughniyah (2020) ANALISIS HUBUNGAN WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (54kB)

Abstract

Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang masih sering terjadi dalam pelayanan kesehatan, waktu tunggu yang lama menjadi penyebab kepuasan pasien menurun. Waktu tunggu pelayanan rawat jalan dimulai dari pasien mendaftar hingga ditangani oleh dokter spesialis. Berdasarkan Kepmenkes RI No 129 tahun 2008 standar waktu tunggu pelayanan rawat jalan yakni ≤60 menit. Oleh karena itu hal ini yang menjadi ketertarikan untuk dilakukan penelitian dengan menganalisis waktu tunggu dengan kepuasan pasien, Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis waktu tunggu pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rawat Jalan. Penelitian ini merupakan penelitian literatur review. Studi literatur ini diperoleh dari penelusuran artikel penelitian ilmiah dari rentang tahun 2010-2020 dengan menggunakan database Google Scooler, Garuda Ristek, Digital Library Universitas Hasanussin dan Repository STIKES Yayasan Rumah Sakit Dr. Soetomo. Terdapat 10 artikel yang seseuai dengan kriteria inklusi dan sesuai dengan pertanyaan penelitian. Berbagai literarur didapatkan bahwa waktu tunggu pelayanan rawat jalan di rumah sakit lama dan masih belum memenuhi standar pelayanan minimal (˂60 menit). Sedangkan sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan rawat jalan di rumah sakit. Berdasarkan lima dimensi mutu kepuasan pada pelayanan kesehatan, kepuasan tertinggi pada rumah sakit yaitu dimensi assurance (jaminan), emphaty (empati) dan reliability (keandalan), sedangkan kepuasan yang rendah terletak pada dimensi responsiveness (daya tanggap) dan tangible (bukti fisik). Sehingga pada literature review dapat ditemukan adanya kecenderungan semakin cepat waktu tunggu pelayanan semakin meningkat kepuasan pasien. Kata Kunci : Waktu tunggu pelayanan rawat jalan dan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Waktu tunggu pelayanan rawat jalan dan kepuasan pasien.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 23 Aug 2021 15:17
Last Modified: 08 Feb 2022 13:00
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item