Purnomo, Ristya Rachmasari (2020) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)8P DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA TAHUN 2020. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (67kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (22kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (79kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (12kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (6kB) |
Abstract
Indikator keberhasilan pada pelayanan rawat inap yaitu pencapainan nilai BOR ideal yang telah ditetapkan, bauran pemasaran sebagai salah satu faktor dalam pencapaian nilai BOR yang ideal. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran (marketing mix) 8P dengan pemanfaatan pelayanan di Instalasi Rawat Inap Tahun 2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap sebanyak 53 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling.Analisis data menggunakan uji korelasi kendall’s tau. Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara seluruh variabel bauran pemasaran (marketing mix) yaitu bauran pemasaran produk dengan pemanfaatan pelayanan (Pvalue = 0,045), adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran harga dengan pemanfaatan pelayanan (Pvalue = 0,003), adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran tempat dengan pemanfaatan pelayanan (Pvalue = 0,017),adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran promosi dengan pemanfaatan pelayanan (Pvalue = 0,001),adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran sumber daya manusia dengan pemanfaatan pelayanan (Pvalue = 0,004), adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran proses dengan pemanfaatan pelayanan (Pvalue = 0,000), adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran bukti fisik dengan pemanfaatan pelayanan (Pvalue = 0,000),adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran produktivitas dan kualitas dengan pemanfaatan pelayanan (Pvalue = 0,000). Dengan koefisien korelasi tertinggi pada bauran pemasaran bukti fisik menunjukkan hubungan yang cukup kuat.Hubungan bauran pemasaran dengan pemanfaatan pelayanan rawat inap bergantung pada kualitas dari unsur-unsur bauran pemasaran yang diberikan kepada pasien, semakin baik kualitas yang diberikan maka semakin tinggi pula tingkat pemanfaatan pelayanan rawat inap. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, BOR, Pemanfaatan Pelayanan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, BOR, Pemanfaatan Pelayanan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Indri Hartatiek Poerwatiningsih |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 05:18 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 15:13 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/86 |
Actions (login required)
View Item |