Ardiyuliati, Dine Egis (2022) FAKTOR PENYEBAB KETIDAKPATUHAN VISITE FARMASI KLINIK DI RUMAH SAKIT GATOEL MOJOKERTO. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (109kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (45kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (66kB) |
|
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Download (11kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Download (10kB) |
Abstract
Pelayanan farmasi klinik merupakan pelayanan langsung yang diberikan seorang apoteker kepada pasien untuk meminimalkan risiko terjadinya efek samping karena obat untuk meningkatkan keselamatan pasien sehingga kualitas hidup pasien terjamin. Stadar pelayanan farmasi klinik di Rumah Sakit akan menentukan kualitas pelayanan serta menjaga keselamatan pasien. Maka dari itu standart pelayanan farmasi klini Rumah Sakit di Indonesia mengacu pada SOP dan PMK nomor 72 Tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab ketidakpatuhan visite farmasi klinis di Rumah Sakit Gatoel Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriprif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif obeservasional. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Gatoel Mojokerto dengan besar populasi yang digunakan oleh peneliti ini adalah 13 orang apoteker rawat inap di Rumah Sakit Gatoel Mojokerto dan sampel 3 orang apoteker dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data tersebut menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel status lokasi memiliki kategori baik sedangkan untuk variabel, tanggung jawab personal, dukungan rekan, legitimasi figur otoritas, status figur otoritas,kedekatan figur otoritas memiliki kategori sedang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa apoteker memiliki kepatuhan yang tinggi pada indikator status lokasi. Namum dalam indikator tanggung jawab personal, dukungan rekan, legitimasi figur otoritas, status figur otoritas,kedekatan figur otoritas ada apoteker yang sudah mematuhi tetapi ada juga apoteker yang belum mematuhi visite farmasi klinik. Dari hasil tersebut pihak Rumah Sakit dapat melakukan Melakukan penjadwalan secara periodik pelaksanaan kegiatan visite agar semua pasien dapat dilakukan visite, lebih meningkatkan kepatuhan visite farmasi klinik dengan menjaga profesionalitas, sikap, kedisiplinan sehingga mendukung terciptanya kepatuhan dalam melaksanakan pekerjaan. Kata kunci: Kepatuhan, visite farmasi klinik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepatuhan, visite farmasi klinik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Nazilatur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 04:45 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 04:45 |
URI: | http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/469 |
Actions (login required)
View Item |